Tuesday, December 22, 2015

Inilah 503 Daftar Sekolah dengan Integritas UN Tertinggi

infogtk - Nilai-nilai integritas harus ditumbuhkan semenjak dini kepada anak-anak baik melalui lingkungan keluarga maupun lingkungan sekolah. Orang tua atau keluarga merupakan lingkungan pertama dimana si buah hati diperkenalkan dengan nilai-nilai integeritas. selain di rumah, di sekolah juga harus diupayakan menjadi sarana pembelajaran guna mengenalkan kejujuran serta mengembangkan nilai-nilai kejujuran dan integritas. [download juga POS UN 2016]

Presiden Jokowi, mengatakan "Kejujuran merupakan nilai fundamental, nilai dasar dalam membangun karakter bangsa, sekolah harus jadi zona kejujuran, zona integritas" katanya.

Berkaitan dengan hal tersebut, Presiden Joko Widodo memberikan apresiasi kepada 503 kepala sekolah dari sekolah-sekolah yang memiliki indeks integritas ujian nasional (UN) tertinggi se-Indonesia. Penilaian tersebut dilakukan dengan memperhatikan data konsistensi integritas, yaitu cara dan proses siswa melaksanakan UN dalam kurun waktu enam tahun terakhir.

[Selengkapnya silahkan didownload 503 Daftar Sekolah dengan Integritas UN Tertinggi]


Pada kesempatan yang sama, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan, mengatakan, "Penilaian integritas ini, diukur dengan melihat pola kerja sama dan pola kecurangan peserta didik di suatu sekolah (satuan pendidikan) dalam mengerjakan soal ujian nasional. Angkanya (indeks integritas) 0 sampai 100. Jika tidak ada kecurangan, angkanya 100. Jika terdapat 20 persen kecurangan, angka integritasnya 80. Kita tidak bisa mengukur kejujuran, tetapi bisa mengukur ketidakjujuran," terang Mendikbud.

Metode penilaian integritas, sudah banyak dipraktikan berbagai negara.

[baca juga, SKL untuk K13 dan KTSP]

Demikian informasi terkait Inilah 503 Daftar Sekolah dengan Integritas UN Tertinggi




No comments:

Post a Comment