Sunday, December 13, 2015

Ciptakan Aplikasi Pendidikan dalam waktu cuma 24 Jam, melalui Educode

infogtk - Apa itu Educode? Educode adalah ajang Cipta Aplikasi IT (hackathon) untuk dunia pendidikan, yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Melalui kegiatan ini diberikan waktu hanya 24 jam untuk membuat sebuah aplikasi pendidikan.

Visi Educode adalah mempertemukan supply dan demand antara pembuat kebijakan (dalam hal ini Kemdikbud), inovasi dari komunitas dan pengembang, guna menghasilkan solusi yang berguna bagi masyarakat. Adapun tujuan dari Educode adalah mendorong partisipasi dan kontribusi publik di bidang pendidikan melalui penciptaan solusi berbasis IT.

Pada penyelenggaraanEducode tahun 2015 ini, telah diikuti oleh 120 orang dari total 236 pendaftar yang terdiri dari Siswa SMK, Mahasiswa, Perusahaan dan Masyarakat Umum.

Sementara Mendikbud Anies Baswedan dalam sambutan saat acara pembukaan, menantang para peserta Educode untuk menghasilkan solusi di bidang pendidikan dengan kemampuan teknologi mereka. Ia mengatakan, saat ini teknologi telah mempenetrasi semua sektor, tapi sektor pendidikan menjadi sektor yang paling lambat pergerakannya.

"Kita harus bikin terobosan. Kita sudah menyaksikan berbagai teknologi pendidikan digelontorkan perusahaan raksasa," kata Mendikbud.

Dikatakannya, Kemendikbud berencana membangun dan memperkuat ekosistem pendidikan, karena aktor atau pelaku pendidikan jauh lebih dari sekadar guru, murid, dan orang tua. Kemendikbud juga akan membuat platform sehingga terbangun interaksi kuat dengan pelaku pendidikan untuk menemukan solusi, salah satunya solusi di bidang teknologi.


"Teman-teman kumpul di sini (Educode) untuk membangun platform agar ekosistem pendidikan hidup. You are making a history. Saya tunggu hasil teman-teman. Silakan bekerja menuangkan seluruh inovasi, gagasan dan terobosan," pungkasnya.
ilustrasi 

Demikian informasi mengenai Ciptakan Aplikasi Pendidikan dalam waktu cuma 24 Jam, melalui Educode


No comments:

Post a Comment