Thursday, March 3, 2016

Cara Membuat Boneka Horta

Postingan kali ini saya akan mencoba share sedikit mengenai salah satu keterampilan sederhana yaitu tentang cara membuat boneka horta. Boneka horta sudah sering kita dengar karena boneka horta merupakan salah satu media tanam yang sangat menarik karena dikemas dalam bentuk boneka yang beragam.
Boneka horta sudah sering kita dengar karena boneka horta merupakan salah satu media tanam yang sangat menarik karena dikemas dalam bentuk boneka yang beragam.

cara membuat boneka horta dapat dikerjakan oleh semua kalangan umur, apalagi dikerjakan oleh anak usia sekolah, karena dapat mengajarkan anak untuk berwirausaha, dapat mengasah kreativitas anak usia sekolah serta dapat melatih anak cara merawat tanaman yang dibuatnya maupun melatih anak untuk mengamati tumbuh kembang tanaman.

Berikut ini adalah bahan dan alat yang digunakan untuk membuat boneka horta.

Bahan 
  • Kaos stoking atau kain kasa halus
  • Serbuk gergaji
  • Pupuk
  • Bibit rumput
  • Benang / pita jepang (sebagai pengganti benang untuk mengikat)
  • Hiasan pendukung seperti kancing, mata boneka, dan lain-lain
Cara membuatnya
  1. Pertama masukkan bibit rumput ke dalam kaos stocking atau kassa pada posisi yang disuka (pada bagian kepala boneka ataupun pada bagian punggung, dll).
  2. Campurkan pupuk dengan serbuk kayu gergaji.
  3. Isi campuran pupuk dan serbuk kayu gergaji kedalam kaos stocking atau kassa yang telah dibentuk menjadi bagian kepala, badan, tangan atau kaki.
  4. Satukan setiap bagian dengan cara menjahit dengan benang dan tambahkan hiasan (seperti gambar) sehingga berbentuk boneka.
  5. Rendam sebagian tubuh boneka yang diinginkan untuk ditumbuhi rumput sebentar saja.
  6. Lalu rawat dengan cara menjaga kelembaban beneka atau siram dengan air bila perlu.
Proses tumbuh tanaman rumput kurang lebih 3 (tiga) hari. JIka tanaman rumput tumbuhnya tidak rata atau terlalu panjang dapat dibentuk dan pangkas rumput sesuai selera agar tampak lebih indah. Boneka horta selesai dan siap dipajang. Jika memiliki modal, boneka horta dapat diperbanyak dan dijual dengan harga yang bervariatif (berwirausaha).

Sekian postingan dari saya tentang Cara Membuat Boneka Horta. Silahkan mencoba dan semoga bermanfaat untuk kita semua.

No comments:

Post a Comment