Wednesday, March 23, 2016

DOWNLOAD ANALISIS NILAI ULANGAN HARIAN KELAS 4

ANALISIS NILAI UALANGAN HARIAN


Bapak / ibu guru Sekolah dasar yang berbahagia, terutama guru kelas 4 SD di seluruh Nusantara. Semoga bapak/ibu senantiasa dalam lindungan-Nya, sehingga bisa beraktifitas untuk mencerdaskan bangsa ini.
 Sering kali kita mengalami keterlambatan dalam melengkapi berbagai administrasi pembelajaran, dikarenakan banyaknya tugas yang harus segera diselesaikan apalagi saat ini pemerintah selalu menggunakan pendataan online.

Sedangkan data administrasi pembelajaran tidak kalah pentingnya sebagai perlengkapan administrasi guru pasca sertifikasi, sehingga sedikit beban bapak/ibu guru merasa berat, apalagi apabila kita semua kurang mahir dalam menggunakan IPTEK.

Sedangkan administrasi jikalau ditulis tangan juga akan bertambah repot. Berkaitan dengan administrasi tersebut, di sini saya sedikit jelaskan tentang administrasi terutama "ANALISIS NILAI UALANGAN HARIAN";

1. Poin pertama kita akan mengadakan ulangan harian yang dilaksanakan sesuai dengan jadwal di sekolah masing-masing dengan mengisikan data siswa sesuai dengan pada daftar kelas bapak/ibu semuanya, lihat gambar berikut ini :

2.  langkah ke dua kita perlu membuat soal minimal 10 soal yang bisa diprint out sesuai jumlah siswa + 1 guru (file ini sudah mengacu pa 3-4 kali pelaksanaan ulangan), lihat gambar berikut :
3. Langkah berikutnya adalah soal akan dikerjakan oleh siswa-siswa, yang akhirnya akan dikoreksi secara bersama-sama atau bisa juga dikoreksi oleh bapak/ibu sendiri di rumah dengan mecantumkan tanda plus (+) untuk jawaban benar pada kolom nomor soal dan tanda negatif (-) untuk soal jawaban salah. seperti tampilan pada gambar di bawh ini :
4. Langkah selanjutnya masing-msing soal hasil koreksi kita adakan evaluasi di mana anak yang memerlukan perbaikan (siswa yang memdapat nila di bawah KKM), dan pengayaan bagi siswa yang mendapat nilai di atas KKM. dengan soal bervariasi (sol sidah disiapkan) di file ini. Coba lihat gb di bawah ini :
5. Langkah terakhir adalah siswa yang mendapat nila remidi digabungkan dengan ulangan harian akan dirata-rata, namun hasil rata-rata meskipun di atas KKM tetap diisikan sesuai nilai KKM (tidak boleh sesuai rata-rata nila ulangan & remidi).

Setelah beberapa langkah di atas telah diselesaikan, maka nilai akhir kita masukkan pada daftar nilai kelas. (Memang rumit) juga ya ? tapi sabar saja sudah kwajiban kita.

Dari beberapa penjelasan di atas semoga bapak /ibu kiranya pekerjaan bisa menjadi ringan, dan apabila bapak/ibu terutama Guru kelas 4 berkeingainan untuk memiliki file tersebut, maka silahkan download sendiri di link-link bawah ini :

1. Analisis Nilai Ulangan Harian (link Download BAHASA INDONESIA)
2. Analisis Nilai Ulangan Harian (link Download MATEMATIKA)
3. Analisis Nilai Ulangan Harian (link Download ILMU PENGETAHUAN ALAM)
4. Analisis Nilai Ulangan Harian (link Download ILMU PENGETAHUAN SOSIAL)

Semoga file ini dapat meringan beban bapak/ibu semuanya dan mohon maaf apabila masih ada kekurangan data ata lainnya.







No comments:

Post a Comment