<
div>
f="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgUs1OpaEAxLwqgmp4E-9kFrKYPfeMTiN-WEUWFP5lKWgO9TnNmd1IWBVx198-_Uysd-vmL8eGJN5F8ZgIDHAH-MYoNOMMDd-5jdQzy098MOq3Urn6ZZChL03DxrAsq62Pcp61N2Gsoc6g/
00/ukg%2B2015.jpg" imageanchor="1" style="margin-left: 1em; margin-right: 1em;">
00/ukg%2B2015.jpg" imageanchor="1" style="margin-left: 1em; margin-right: 1em;">
r />
1. Partisipasi aktif dalam kegiatan kecamatan, kabupaten/kota t
ermasuk masuk dimensi kompetensi Kepala Sekolah.........
a. Keprib
adian
b. Manajerial
c. Sosial
d. Sekto
ral
2. Berakhlak mulia, mengembangkan budaya dan t
radisi akhlak mulia, dan menjadi teladan akhlak mulia bagi komunitas di sekolah/
madrasah tergolong dimensi kompetensi…....
a. Kepribadian
/>b. Manajerial
c. Sosial
d. Moral
r />
3. Menciptakan inovasi yang berguna bagi pengembangan sekolah,
memiliki motivasi dan kuat untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungs
inya sebagai pemimpin sekolah/madrasah tergolong dimensi kompetensi.......
a. Kepribadian
b. Manajerial
c. Sosial
>
d. kewirausahaan
4. Membuka perbengkelan sekolah unt
uk umum dan untuk mengelola kegiatan produksi dan jasa sebagai sumber belajar pe
serta didik adalah merupakan dimensi kompetensi…....
a. Kepribadia
n
b. Produktivitas
c. Manajerial
d. Ke
wirausahaan
5. Tantangan yang dihadapi kepala seko
lah makin hari makin komplek, baik ancaman dari luar dan hambatan dari dalam sek
olah, kepala sekolah yang kompeten...
a. pantang Menyerah dan sela
lu mencari solusi terbaik dalam menghadapinya.
b. pantang mundur d
an selalu meinperhatikan segi keuntungan.
c. maju terus dan selalu
membuat inovasi
d. yang penting suasana sekolah kondusif
/>
6. Sesuai peraturan pemerintah nomor 19 tahun 2005, diaman
atkan bahwa lingkup Standar Nasional Pendidikan meliputi 8 standar yang salah sa
tu diantaranya ialah standar isi yang kita gunakan sebagai pijakan untuk menentu
kan ............
a. lingkup materi ajar dan tingkat kompetensi
/>
b. jumlah siswa pada tiap rombongan belajar
c. sarana p
rasarana yang harus tersedia di dalam kelas
d. prosedur kegiatan p
embelajaran
7. Sesuai dengan peraturan menteri no
16 tahun 2007, diamanatkan bahwa setiap guru harus memiliki minimal 4 standar ko
mpetensi yakni kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional. Beriku
t ini yang termasuk kompetensi kepribadian ialah....
a. Menghargai
setiap peserta didik tanpa membedakan keyakinan yang dianut.
b. b
erkomunikasi dengan orang tua peserta didik secara santun
c. mengu
asai bidang yang diajarkan
d. memahami beberapa teori belajar
>
8. Howard Gardner berpendapat bahwa manusia memiliki k
ecerdasan yang beraneka ragam yang dikenal dengan “multiple intelligence”. Berik
ut ini yang tidak termasuk jenis multiple intelligence ialah...........
/>a. kecerdasan musikal
b. kecerdasan linguistik
c.
kecerdasan intrapersonal
d. kecerdasan emosional
r />
9. Menurut Gardner, siswa yang tidak menonjol dalam kecerdasan
matematik mungkin tidak akan bisa mencapai prestasi luar biasa dalam bidang ters
ebut, namun.........
a. bila belajar ia akan sukses dalam bidang t
ersebut.
b. ia perlu melanjutkan studi dalam bidang matematika
/>
c. ia harus belajar ilmu matematika saja agar sukses
d.
ia mungkin akan berhasil dalam bidang lain
br />10. Seorang siswa tampak senantiasa sabar dan pandai memahami permasala
han orang lain. Menurut Gardner, siswa tersebut memiliki kecerdasan ....... yang
menonjol.
a. interpersonal
b. intrapersonal
r />c. lunguistik
d. spasial
11. Une
sco menetapkan 4 hal sebagai pilar pendidikan, yaitu: Learning to know, learning
to do, learning to live together dan ...........
a. learning to b
e
b. learning to learn
c. learning to unlearn
<
br />d. learning to understand others
12. Contoh p
enerapan “learning to live together” dalam pembelajaran ialah penggunaan pendeka
tan pembelajaran.......
a. ketrampilan proses
b. koo
peratif
c. inquiry
d. kentekstual
<
br />13. Sesuai dengan pilar “learning to know”, kita harus melaksanakan hal
sebagai berikut.....
a. menjelaskan pelajaran sejelas-jelasnya
/>
b. menugasi siswa untuk menghafal seluruh materi yang ada dalam buku
c. membantu siswa agar mampu belajar secara mandiri
d.
membantu siswa agar memiliki nilai maksimal dalam ujian
/>14. Untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran sekolah aka
n menerapkan pembelajaran kontekstual untuk semua mata pelajaran. Konsekuensi lo
gis dari kegiatan tersebut adalah ...
a. Membuat surat edaran yang
ditandatangani semua guru tentang kesediaan melakukan pembelajaran kontekstual,
b. Menugasi wakil kepala sekolah bidang kurikulum untuk mengumpul
kan Silabus dan RPP semua mata pelajaran dan diperiksa tentang kegiatan pembelaj
arannya,
c. Sekolah mengadakan IHT tentang pembelajaran kontekstua
l dan ditindaklanjuti pembuatan perangkat pembelajaran, serta dievaluasi tingkat
efektifitas dan efisiensinya,
d. Meningkatkan kegiatan MGMP sekol
ah untuk semua mata pelajaran.
15. Peraturan Menteri
Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007, tentang Standar Proses menentukan bahwa
pelaksanaan pembelajaran merupakan implementasi dari RPP. Pelaksanaan pembelaja
ran pada kegiatan inti berisi proses interaktif, inspiratif, menyenangkan, menan
tang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruan
g yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, mi
nat dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik dan memuat proses eksp
lorasi, elaborasi, dan konfirmasi. Pada kenyataanya pada sekolah tersebut masih
banyak guru yang belum melaksanakan. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah melak
ukan......
a. Menghimbau kepada semua guru dalam setiap kesempatan
untuk melakukan proses pembelajaran sesuai dengan Permendiknas tersebut,
<
br />b. Melaksanakan workshop pembelajaran dan ditindaklanjuti di MGMPS serta
dipantau dan diadakan pembinaan secara intensif,
c. Selalu mengin
gatkan semua guru pada setiap rapat dewan guru untuk segera mengubah proses pemb
elajaran sesuai dengan Permendiknas tersebut,
d. Menugasi wakil ke
pala bidang kurikulum selalu mengajak semua guru untuk melaksanakan pembelajaran
sesuai dengan Permendiknas tersebut.
16. Pada ulanga
n harian pertama kelas X-2 ada 4 siswa dari 40 siswa di kelas itu yang belum tun
tas. Guru mata pelajaran tersebut tidak memperhatikan siswa yang belum tuntas te
rsebut, karena sudah mencapai ketuntasan kelas lebih dari 85%. Menyikapi masalah
di atas Kepala Sekolah melakukan…..
a. Mengingatkan kepada semua
guru pada rapat dewan guru untuk melaksanakan konsep penilaian pada KTSP secara
benar dan akuntabel,
b. Membiarkan guru tersebut karena sudah sesu
ai dengan konsep penilaian pada KTSP,
c. Menegur guru tersebut pad
a rapat dewan guru karena melakukan kesalahan penanganan dalam melakukan penilai
an,
d. Membiarkan guru tersebut karena kegiatan penilaian merupaka
n otoritas guru meskipun belum sesuai dengan konsep penilaian pada KTSP
/>
17. Salah satu fungsi komite sekolah ialah sebagai controller
. Salah satu kegiatan komite yang sesuai dengan fungsi ini ialah................
..........
a. mengontrol keterlaksanaan program sekolah
>b. mengontrol kegiatan pembelajaran di kelas
c. mengontrol keh
adiran siswa
d. mengontrol kehadiran guru
18. Sekol
ah berkewajiban untuk mengembangkan life skills siswa. Maksudnya ialah agar sisw
a ...........
a. mampu hidup bahagia sesuai dengan potensi yang di
miliki
b. memiliki ketrampilan vokasional
c. memilik
i keunggulan akademik
d. mampu mengerjakan setiap butir soal dalam
ujian
19. Kita dapat menemukan situs di web dengan c
epat melalui search engine yang populer yaitu.......
a. antivir
/>
b. acrobat reader
c. yahoo/google
d. pho
toshop
20. Program Jardiknas bertujuan untuk meningka
tkan mutu pendidikan Melalui.....
a. program wajib belajar 9 tahun
b. pemanfaatan media cetak untuk seluruh institusi di tanah airr />
c. akses informasi dan komunikasi online antar lembaga dan komunita
s pendidikan
d. maksimalisasi penggunaan sarana komputer di dalam
kelas
t mengirim file melalui e-mail dengan menggunakan fasilitas.....
a.
folder
b. mail list
c. yahoo massanger
d. attachment
22. Microsoft Power Point dapat memb
antu kita dalam melakukan.......
a. penyimpanan data
b.
pembukuan
c. presentasi
d. entry data
>
23. Berikut ini yang termasuk tujuan dari PTK ialah.......
>
a. untuk menemukan teori yang baru
b. untuk meningkatkan
kualitas pembelajaran
c. untuk melakukan eksperimen
d.
untuk membuktikan kebenaran teori yang ada
24. Da
lam PTK terdapat 4 tahapan, yaitu .......
a. perencanaan, tindakan
, observasi dan refleksi
b. perencanaan, observasi, tindakan dan r
efleksi
c. perencanaan, refleksi, tindakan dan observasi
/>d. perencanaan, refleksi, observasi dan tindakan
25.
Judul yang benar dari PTK ialah.......
a. Peningkatan Penguas
aan Kosa kata Siswa melalui Pajangan Bahasa secara Alami pada Kelas 1 SMK Terpad
u Malang.
b. Pengaruh Pajangan Bahasa secara Alami Terhadap Pening
katan Penguasaan Kosa kata Siswa.
c. Korelasi antara Penguasaan Ko
sakata Siswa dan Kegiatan Pajangan Bahasa secara Alami di SMK 1 Malang.
/>d. Penggunaan Strategi Pajangan Alami dalam Meningkatkan Penguasaan Kosaka
ta
26. “Dapatkah pajangan bahasa secara alami mening
katkan penguasaan kosa kata siswa pada kelas 1 SMK Terpadu Malang?”
Pernyataan di atas adalah cocok untuk digunakan dalam.......
a. he
potesis tindakan
b. tujuan penelitian
c. rumusan mas
alah
d. judul penelitian
27. “Orang ya
ng pintar ialah orang yang mampu menjelaskan apa saja yang ia ketahui. Orang yan
g bijaksana ialah orang yang mampu memberikan motivasi sehingga anda mampu menem
ukan sesuatu yang baru.” (Revan, 1980) Pelajaran yang dapat diambil dari kata-ka
ta bijak di atas ialah bahwa......
a. guru harus senantiasa menjel
askan materi pelajaran sejelas mungkin
b. guru sebaiknya harus mem
buat suasana kelas tenang
c. guru harus memberikan pelayanan prima
dengan menuntun siswa untuk mampu menjawab soal-soal ujian
d. gur
u harus menciptakan suasana yang kondusif agar siswa mampu belajar mandiri
28. “Ing ngarso sung tulodo,Ing madyo mangun karso,Tut wu
ri handayani” (Ki hajar Dewantoro.) Sikap yang TIDAK sesaui dengan kata-kata bij
ak di atas ialah...........
a. kita harus bisa menjadi contoh yang
baik
b. apapun yang kita lakukan harus membuat guru/staff/siswa t
ermotivasi
c. berdayakan guru/staf/siswa dengan mengikuti dan meng
arahkan kemauan mereka
d. arahkan guru/staf/siswa sesuai dengan ap
a saja yang kita anggap benar
29. Berikut ini yang TI
DAK termasuk fungsi kepala sekolah ialah.......
a. Manajer
r />b. Edukator
c. Motivator
d. Eksekutor
r />
yatakan bahwa seorang kepala sekolah harus memiliki keberanian dan kemampuan unt
uk membangun kultur berdasarkan hubungan saling percaya antara warga sekolah. Ti
ndakan yang TIDAK sesuai dengan pendapat ini ialah.......
a. Memba
gi tugas berdasarkan kompetensi staff
b. Membuat keputusan berdasa
rkan kondisi nyata dan aturan yang berlaku
c. Melaksanakan sendiri
semua kegiatan agar kinerja berjalan secara efektif dan efisien
d.
Mencari terobosan yang dapat dilakukan agar kebutuhan peserta didik dapat terp
enuhi
31. Sergiovanni (2006) menyatakan bahwa seorang
pemimpin harus bisa membedakan antara normative rationality dan technical ratio
nality, yakni: dalam membuat keputusan kita harus berdasarkan norma yang berlaku
sekaligus memperhatikan efektifitas dan efesiensi. Bila terjadi permasalahan te
ntang kedua hal tersebut maka kita harus .........
A. Mengutamakan ya
ng kedua.
B. Meninggalkan kedua-duanya
C. Mengutamakan yan
g pertama
D. Mementingkan yang efektif untuk dilakukan
/>
32. Dalam manajemen peningkatan mutu sekolah kita kenal dengan isti
lah benchmarking. Istilah tersebut terkait dengan ......
a. Kegiat
an pengambilan keputusan berdasarkan norma
b. Penetapan standard t
ertentu baik perorangan maupun lembaga sebagai dasar peningkatan mutu.
/>c. Pemberian identitas suatu benda yang diperlukan untuk peningkatan mutur />
d. Upaya peningkatan mutu dengan mengevaluasi manajemen lembaga sec
ara keseluruhan
33. Dalam upayanya untuk meningkatkan
mutu sekolah, kepala sekolah “X” mengajak seluruh komponen sekolah untuk bekerj
asama dengan pihak-pihak terkait termasuk orang tua dan tenaga profesional untuk
melakukan evaluasi kinerja sekolah. Kegiatan tersebut dikenal dengan istilah...
.....
a. Quality control
b. Quality assurance
r />c. Total quality management
d. School review
/>
34. Dalam melakukan suatu kegiatan sekolah-sekolah difas
ilitasi dengan prosedur operasional standar dengan tujuan agar..........
r />a. Kegiatan bisa diseragamkan
b. Kegiatan dapat dilakukan s
ecara efisien
c. Kegiatan dapat dilakukan dengan mudah
d. Terdapat jaminan mutu kinerja yang standar
35.
Dalam Permendiknas no 13 tahun 2007 diamanatkan bahwa kepala sekolah harus memil
iki kompetensi kewirausahaan. Berikut ini yg terkait dgn kompetensi kewirausahaa
n untuk kepala sekolah ialah.........
a. Menciptakan inovasi untuk
pengembangan sekolah
b. Mampu melakukan kunjungan kelas secara be
rkala
c. Mampu bekerjasama dengan pihak lain
d. Mamp
u membuat program tahunan dengan benar
36. Salah satu
tujuan MPMBS ialah untuk memandirikan atau memberdayakan sekolah melalui pember
ian kewenangan (otonomi) kepada sekolah, pemberian fleksibilitas yang lebih besa
r kepada sekolah untuk mengelola sumberdaya sekolah, dan mendorong partisipasi w
arga sekolah dan masyarakat.
Berikut ini yang TIDAK termasuk indikato
r tercapainya tujuan MPMBS ialah…….
a. semakin meningkatnya perhat
ian masyarakat terhadap sekolah
b. meningkatnya inovasi kepala sek
olah untuk mengembangkan lembaga
c. berkurangya ketergantungan sek
olah pada pemerintah
d. meningkatnya jumlah siswa pada masing-masi
ng rombongan belajar
37. Dalam rangka optimalisasi pa
rtisipasi warga sekolah dan masyarakat dalam mengembangkan sekolah, maka sekolah
boleh ........
a. Memungut uang sekolah sebesar-besarnya
/>b. Mendorong masyarakat untuk memberikan saran/kritik terhadap sekolah mel
alui jalur yang benar.
c. Memprioritaskan warga sekitar dalam meri
krut tenaga pengajar
d. Mewajibkan warga sekitar untuk menjadi don
atur tetap untuk pengembangan sekolah
38. SWOT ialah
merupakan singkatan dari Strength, Weakness, Opportunity dan Threat yang artinya
ialah........
a. Kekuatan, kelemahan, permasalahan dan ancaman
/>
b. Kekuatan, kelemahan, permasalahan dan solusi
c. Kek
uatan, kelemahan, peluang dan kondisi
d. Kekuatan, kelemahan, pelu
ang dan ancaman
39. Analisis SWOT bertujuan untuk....
.....
a. Menentukan kesiapan fungsi-fungsi dalam kerangaka mencapa
i sasaran tertentu
b. Menentukan besarnya biaya yang dibutuhkan un
tuk mencapai sasaran tertentu
c. Menghindari kelemahan dan ancaman
agar sasaran dapat dicapai
d. Menunjukkan kekuatan dan menyembunyikan k
elemahan dalam kerangka mencapai sasaran
1. Partisipasi aktif dalam kegiatan kecamatan, kabupaten/kota t
ermasuk masuk dimensi kompetensi Kepala Sekolah.........
a. Keprib
adian
b. Manajerial
c. Sosial
d. Sekto
ral
2. Berakhlak mulia, mengembangkan budaya dan t
radisi akhlak mulia, dan menjadi teladan akhlak mulia bagi komunitas di sekolah/
madrasah tergolong dimensi kompetensi…....
a. Kepribadian
/>b. Manajerial
c. Sosial
d. Moral
r />
3. Menciptakan inovasi yang berguna bagi pengembangan sekolah,
memiliki motivasi dan kuat untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungs
inya sebagai pemimpin sekolah/madrasah tergolong dimensi kompetensi.......
a. Kepribadian
b. Manajerial
c. Sosial
>
d. kewirausahaan
4. Membuka perbengkelan sekolah unt
uk umum dan untuk mengelola kegiatan produksi dan jasa sebagai sumber belajar pe
serta didik adalah merupakan dimensi kompetensi…....
a. Kepribadia
n
b. Produktivitas
c. Manajerial
d. Ke
wirausahaan
5. Tantangan yang dihadapi kepala seko
lah makin hari makin komplek, baik ancaman dari luar dan hambatan dari dalam sek
olah, kepala sekolah yang kompeten...
a. pantang Menyerah dan sela
lu mencari solusi terbaik dalam menghadapinya.
b. pantang mundur d
an selalu meinperhatikan segi keuntungan.
c. maju terus dan selalu
membuat inovasi
d. yang penting suasana sekolah kondusif
/>
6. Sesuai peraturan pemerintah nomor 19 tahun 2005, diaman
atkan bahwa lingkup Standar Nasional Pendidikan meliputi 8 standar yang salah sa
tu diantaranya ialah standar isi yang kita gunakan sebagai pijakan untuk menentu
kan ............
a. lingkup materi ajar dan tingkat kompetensi
/>
b. jumlah siswa pada tiap rombongan belajar
c. sarana p
rasarana yang harus tersedia di dalam kelas
d. prosedur kegiatan p
embelajaran
7. Sesuai dengan peraturan menteri no
16 tahun 2007, diamanatkan bahwa setiap guru harus memiliki minimal 4 standar ko
mpetensi yakni kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional. Beriku
t ini yang termasuk kompetensi kepribadian ialah....
a. Menghargai
setiap peserta didik tanpa membedakan keyakinan yang dianut.
b. b
erkomunikasi dengan orang tua peserta didik secara santun
c. mengu
asai bidang yang diajarkan
d. memahami beberapa teori belajar
>
8. Howard Gardner berpendapat bahwa manusia memiliki k
ecerdasan yang beraneka ragam yang dikenal dengan “multiple intelligence”. Berik
ut ini yang tidak termasuk jenis multiple intelligence ialah...........
/>a. kecerdasan musikal
b. kecerdasan linguistik
c.
kecerdasan intrapersonal
d. kecerdasan emosional
r />
9. Menurut Gardner, siswa yang tidak menonjol dalam kecerdasan
matematik mungkin tidak akan bisa mencapai prestasi luar biasa dalam bidang ters
ebut, namun.........
a. bila belajar ia akan sukses dalam bidang t
ersebut.
b. ia perlu melanjutkan studi dalam bidang matematika
/>
c. ia harus belajar ilmu matematika saja agar sukses
d.
ia mungkin akan berhasil dalam bidang lain
Contoh Soal UKG
<br />10. Seorang siswa tampak senantiasa sabar dan pandai memahami permasala
han orang lain. Menurut Gardner, siswa tersebut memiliki kecerdasan ....... yang
menonjol.
a. interpersonal
b. intrapersonal
r />c. lunguistik
d. spasial
11. Une
sco menetapkan 4 hal sebagai pilar pendidikan, yaitu: Learning to know, learning
to do, learning to live together dan ...........
a. learning to b
e
b. learning to learn
c. learning to unlearn
<
br />d. learning to understand others
12. Contoh p
enerapan “learning to live together” dalam pembelajaran ialah penggunaan pendeka
tan pembelajaran.......
a. ketrampilan proses
b. koo
peratif
c. inquiry
d. kentekstual
<
br />13. Sesuai dengan pilar “learning to know”, kita harus melaksanakan hal
sebagai berikut.....
a. menjelaskan pelajaran sejelas-jelasnya
/>
b. menugasi siswa untuk menghafal seluruh materi yang ada dalam buku
c. membantu siswa agar mampu belajar secara mandiri
d.
membantu siswa agar memiliki nilai maksimal dalam ujian
/>14. Untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran sekolah aka
n menerapkan pembelajaran kontekstual untuk semua mata pelajaran. Konsekuensi lo
gis dari kegiatan tersebut adalah ...
a. Membuat surat edaran yang
ditandatangani semua guru tentang kesediaan melakukan pembelajaran kontekstual,
b. Menugasi wakil kepala sekolah bidang kurikulum untuk mengumpul
kan Silabus dan RPP semua mata pelajaran dan diperiksa tentang kegiatan pembelaj
arannya,
c. Sekolah mengadakan IHT tentang pembelajaran kontekstua
l dan ditindaklanjuti pembuatan perangkat pembelajaran, serta dievaluasi tingkat
efektifitas dan efisiensinya,
d. Meningkatkan kegiatan MGMP sekol
ah untuk semua mata pelajaran.
15. Peraturan Menteri
Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007, tentang Standar Proses menentukan bahwa
pelaksanaan pembelajaran merupakan implementasi dari RPP. Pelaksanaan pembelaja
ran pada kegiatan inti berisi proses interaktif, inspiratif, menyenangkan, menan
tang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruan
g yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, mi
nat dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik dan memuat proses eksp
lorasi, elaborasi, dan konfirmasi. Pada kenyataanya pada sekolah tersebut masih
banyak guru yang belum melaksanakan. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah melak
ukan......
a. Menghimbau kepada semua guru dalam setiap kesempatan
untuk melakukan proses pembelajaran sesuai dengan Permendiknas tersebut,
<
br />b. Melaksanakan workshop pembelajaran dan ditindaklanjuti di MGMPS serta
dipantau dan diadakan pembinaan secara intensif,
c. Selalu mengin
gatkan semua guru pada setiap rapat dewan guru untuk segera mengubah proses pemb
elajaran sesuai dengan Permendiknas tersebut,
d. Menugasi wakil ke
pala bidang kurikulum selalu mengajak semua guru untuk melaksanakan pembelajaran
sesuai dengan Permendiknas tersebut.
16. Pada ulanga
n harian pertama kelas X-2 ada 4 siswa dari 40 siswa di kelas itu yang belum tun
tas. Guru mata pelajaran tersebut tidak memperhatikan siswa yang belum tuntas te
rsebut, karena sudah mencapai ketuntasan kelas lebih dari 85%. Menyikapi masalah
di atas Kepala Sekolah melakukan…..
a. Mengingatkan kepada semua
guru pada rapat dewan guru untuk melaksanakan konsep penilaian pada KTSP secara
benar dan akuntabel,
b. Membiarkan guru tersebut karena sudah sesu
ai dengan konsep penilaian pada KTSP,
c. Menegur guru tersebut pad
a rapat dewan guru karena melakukan kesalahan penanganan dalam melakukan penilai
an,
d. Membiarkan guru tersebut karena kegiatan penilaian merupaka
n otoritas guru meskipun belum sesuai dengan konsep penilaian pada KTSP
/>
17. Salah satu fungsi komite sekolah ialah sebagai controller
. Salah satu kegiatan komite yang sesuai dengan fungsi ini ialah................
..........
a. mengontrol keterlaksanaan program sekolah
>b. mengontrol kegiatan pembelajaran di kelas
c. mengontrol keh
adiran siswa
d. mengontrol kehadiran guru
18. Sekol
ah berkewajiban untuk mengembangkan life skills siswa. Maksudnya ialah agar sisw
a ...........
a. mampu hidup bahagia sesuai dengan potensi yang di
miliki
b. memiliki ketrampilan vokasional
c. memilik
i keunggulan akademik
d. mampu mengerjakan setiap butir soal dalam
ujian
19. Kita dapat menemukan situs di web dengan c
epat melalui search engine yang populer yaitu.......
a. antivir
/>
b. acrobat reader
c. yahoo/google
d. pho
toshop
20. Program Jardiknas bertujuan untuk meningka
tkan mutu pendidikan Melalui.....
a. program wajib belajar 9 tahun
b. pemanfaatan media cetak untuk seluruh institusi di tanah airr />
c. akses informasi dan komunikasi online antar lembaga dan komunita
s pendidikan
d. maksimalisasi penggunaan sarana komputer di dalam
kelas
Bocoran Soal UKG Kepala Sekolah
21. Kita dapat mengirim file melalui e-mail dengan menggunakan fasilitas.....
a.
folder
b. mail list
c. yahoo massanger
d. attachment
22. Microsoft Power Point dapat memb
antu kita dalam melakukan.......
a. penyimpanan data
b.
pembukuan
c. presentasi
d. entry data
>
23. Berikut ini yang termasuk tujuan dari PTK ialah.......
>
a. untuk menemukan teori yang baru
b. untuk meningkatkan
kualitas pembelajaran
c. untuk melakukan eksperimen
d.
untuk membuktikan kebenaran teori yang ada
24. Da
lam PTK terdapat 4 tahapan, yaitu .......
a. perencanaan, tindakan
, observasi dan refleksi
b. perencanaan, observasi, tindakan dan r
efleksi
c. perencanaan, refleksi, tindakan dan observasi
/>d. perencanaan, refleksi, observasi dan tindakan
25.
Judul yang benar dari PTK ialah.......
a. Peningkatan Penguas
aan Kosa kata Siswa melalui Pajangan Bahasa secara Alami pada Kelas 1 SMK Terpad
u Malang.
b. Pengaruh Pajangan Bahasa secara Alami Terhadap Pening
katan Penguasaan Kosa kata Siswa.
c. Korelasi antara Penguasaan Ko
sakata Siswa dan Kegiatan Pajangan Bahasa secara Alami di SMK 1 Malang.
/>d. Penggunaan Strategi Pajangan Alami dalam Meningkatkan Penguasaan Kosaka
ta
26. “Dapatkah pajangan bahasa secara alami mening
katkan penguasaan kosa kata siswa pada kelas 1 SMK Terpadu Malang?”
Pernyataan di atas adalah cocok untuk digunakan dalam.......
a. he
potesis tindakan
b. tujuan penelitian
c. rumusan mas
alah
d. judul penelitian
27. “Orang ya
ng pintar ialah orang yang mampu menjelaskan apa saja yang ia ketahui. Orang yan
g bijaksana ialah orang yang mampu memberikan motivasi sehingga anda mampu menem
ukan sesuatu yang baru.” (Revan, 1980) Pelajaran yang dapat diambil dari kata-ka
ta bijak di atas ialah bahwa......
a. guru harus senantiasa menjel
askan materi pelajaran sejelas mungkin
b. guru sebaiknya harus mem
buat suasana kelas tenang
c. guru harus memberikan pelayanan prima
dengan menuntun siswa untuk mampu menjawab soal-soal ujian
d. gur
u harus menciptakan suasana yang kondusif agar siswa mampu belajar mandiri
28. “Ing ngarso sung tulodo,Ing madyo mangun karso,Tut wu
ri handayani” (Ki hajar Dewantoro.) Sikap yang TIDAK sesaui dengan kata-kata bij
ak di atas ialah...........
a. kita harus bisa menjadi contoh yang
baik
b. apapun yang kita lakukan harus membuat guru/staff/siswa t
ermotivasi
c. berdayakan guru/staf/siswa dengan mengikuti dan meng
arahkan kemauan mereka
d. arahkan guru/staf/siswa sesuai dengan ap
a saja yang kita anggap benar
29. Berikut ini yang TI
DAK termasuk fungsi kepala sekolah ialah.......
a. Manajer
r />b. Edukator
c. Motivator
d. Eksekutor
r />
Soal UKG 2015 dan jawabannya
30. Michael Fullan (2003) menyatakan bahwa seorang kepala sekolah harus memiliki keberanian dan kemampuan unt
uk membangun kultur berdasarkan hubungan saling percaya antara warga sekolah. Ti
ndakan yang TIDAK sesuai dengan pendapat ini ialah.......
a. Memba
gi tugas berdasarkan kompetensi staff
b. Membuat keputusan berdasa
rkan kondisi nyata dan aturan yang berlaku
c. Melaksanakan sendiri
semua kegiatan agar kinerja berjalan secara efektif dan efisien
d.
Mencari terobosan yang dapat dilakukan agar kebutuhan peserta didik dapat terp
enuhi
31. Sergiovanni (2006) menyatakan bahwa seorang
pemimpin harus bisa membedakan antara normative rationality dan technical ratio
nality, yakni: dalam membuat keputusan kita harus berdasarkan norma yang berlaku
sekaligus memperhatikan efektifitas dan efesiensi. Bila terjadi permasalahan te
ntang kedua hal tersebut maka kita harus .........
A. Mengutamakan ya
ng kedua.
B. Meninggalkan kedua-duanya
C. Mengutamakan yan
g pertama
D. Mementingkan yang efektif untuk dilakukan
/>
32. Dalam manajemen peningkatan mutu sekolah kita kenal dengan isti
lah benchmarking. Istilah tersebut terkait dengan ......
a. Kegiat
an pengambilan keputusan berdasarkan norma
b. Penetapan standard t
ertentu baik perorangan maupun lembaga sebagai dasar peningkatan mutu.
/>c. Pemberian identitas suatu benda yang diperlukan untuk peningkatan mutur />
d. Upaya peningkatan mutu dengan mengevaluasi manajemen lembaga sec
ara keseluruhan
33. Dalam upayanya untuk meningkatkan
mutu sekolah, kepala sekolah “X” mengajak seluruh komponen sekolah untuk bekerj
asama dengan pihak-pihak terkait termasuk orang tua dan tenaga profesional untuk
melakukan evaluasi kinerja sekolah. Kegiatan tersebut dikenal dengan istilah...
.....
a. Quality control
b. Quality assurance
r />c. Total quality management
d. School review
/>
34. Dalam melakukan suatu kegiatan sekolah-sekolah difas
ilitasi dengan prosedur operasional standar dengan tujuan agar..........
r />a. Kegiatan bisa diseragamkan
b. Kegiatan dapat dilakukan s
ecara efisien
c. Kegiatan dapat dilakukan dengan mudah
d. Terdapat jaminan mutu kinerja yang standar
35.
Dalam Permendiknas no 13 tahun 2007 diamanatkan bahwa kepala sekolah harus memil
iki kompetensi kewirausahaan. Berikut ini yg terkait dgn kompetensi kewirausahaa
n untuk kepala sekolah ialah.........
a. Menciptakan inovasi untuk
pengembangan sekolah
b. Mampu melakukan kunjungan kelas secara be
rkala
c. Mampu bekerjasama dengan pihak lain
d. Mamp
u membuat program tahunan dengan benar
36. Salah satu
tujuan MPMBS ialah untuk memandirikan atau memberdayakan sekolah melalui pember
ian kewenangan (otonomi) kepada sekolah, pemberian fleksibilitas yang lebih besa
r kepada sekolah untuk mengelola sumberdaya sekolah, dan mendorong partisipasi w
arga sekolah dan masyarakat.
Berikut ini yang TIDAK termasuk indikato
r tercapainya tujuan MPMBS ialah…….
a. semakin meningkatnya perhat
ian masyarakat terhadap sekolah
b. meningkatnya inovasi kepala sek
olah untuk mengembangkan lembaga
c. berkurangya ketergantungan sek
olah pada pemerintah
d. meningkatnya jumlah siswa pada masing-masi
ng rombongan belajar
37. Dalam rangka optimalisasi pa
rtisipasi warga sekolah dan masyarakat dalam mengembangkan sekolah, maka sekolah
boleh ........
a. Memungut uang sekolah sebesar-besarnya
/>b. Mendorong masyarakat untuk memberikan saran/kritik terhadap sekolah mel
alui jalur yang benar.
c. Memprioritaskan warga sekitar dalam meri
krut tenaga pengajar
d. Mewajibkan warga sekitar untuk menjadi don
atur tetap untuk pengembangan sekolah
38. SWOT ialah
merupakan singkatan dari Strength, Weakness, Opportunity dan Threat yang artinya
ialah........
a. Kekuatan, kelemahan, permasalahan dan ancaman
/>
b. Kekuatan, kelemahan, permasalahan dan solusi
c. Kek
uatan, kelemahan, peluang dan kondisi
d. Kekuatan, kelemahan, pelu
ang dan ancaman
39. Analisis SWOT bertujuan untuk....
.....
a. Menentukan kesiapan fungsi-fungsi dalam kerangaka mencapa
i sasaran tertentu
b. Menentukan besarnya biaya yang dibutuhkan un
tuk mencapai sasaran tertentu
c. Menghindari kelemahan dan ancaman
agar sasaran dapat dicapai
d. Menunjukkan kekuatan dan menyembunyikan k
elemahan dalam kerangka mencapai sasaran
No comments:
Post a Comment