Tuesday, March 1, 2016

20 Contoh Soal UKG 2015 dan Jawabannya

Contoh Soal UKG 2015 - Bagi anda yang ingin
belajar Uji Kompetensi Guru 2015 bisa dilakukan dengan mempelajari soal-soal.&nb
sp;


Soal-soal tersebut bisa jadi akan kelu
ar lagi atau paling tidak tidak jauh berbeda. Berikut adalah 20 contoh soal U
KG 2015
yang perlu anda simak. Selamat belajar

20 Contoh Soal Rahas
ia UKG 2015 

contoh soal ukg 2015

iv>CONTOH SOAL UKG KEPALA SEKOLAH


1. Visi dari suatu sek
olah mungkin tidak sama dengan visi sekolah lain sebab......

a. Vi
si dirumuskan sejalan dengan profil sekolah

b. Visi harus memiliki
keunikan

c. Visi yang berbeda akan lebih memacu pengembangan seko
lah

d. Perbedaan merupakan pendorong tercapainya visi

<
br />2. Visi sekolah sebaiknya dilengkapi dengan indikator dengan tujuan
agar.......

a. visi tidak ditafsirkan secara berbeda

b.
tujuan dapat dicapai dengan mudah

c. misi dapat dilaksanakan s
ebaik-baiknya

d. semua warga sekolah berpartisipasi aktif dalam pe
ncapaian visi



3. Peraturan menteri nomor 19 menga
manatkan bahwa setiap lembaga pendidikan harus memenuhi standar pengelolaan pend
idikan, yang salah satu di antaranya ialah bahwa sekolah harus memiliki visi yan
g salah satu tujuannya ialah agar sekolah......

a. mampu mencapai
standar internasional

b. mampu mengembangkan kurikulum bertaraf in
ternasional

c. mampu meraih cita-cita bersama secara sistematis da
n terrencana

d. menjadi sekolah yang terkenal di lingkungannya
/>


4. Salah satu fungsi misi sekolah ialah sebagai.....
.

a. sarana memperoleh dana yang cukup untuk mengembangkan lembaga


b. pijakan untuk menentukan program sekolah

c. memb
eri motivasi siswa dalam melakukan tugasnya

d. meningkatkan keseja
hteraan staff dan guru



5. Setiap warga sekolah wa
jib mengetahui dan memahami visi dan misi sekolah dengan tujuan agar.......
>
a. cita-cita sekolah dapat tercapai tepat waktu

b. penca
paian nilai murni dapat dimaksimalkan

c. siswa sukses dalam bidang
akademik

d. status sekolah mencapai taraf internasional

/>

6. Sekolah akan mengembangkan budaya membaca dan menulis b
agi setiap siswanya. Untuk menyikapi hal tersebut di atas sekolah melakukan:...<
br />
a. Setiap proses pembelajaran disepakati menggunakan perpustakaan
sebagai somber belajar,

b. Menambah jumlah buku di perpustakaan un
tuk menunjang kegiatan tersebut

c. Diadakan jam wajib baca dan men
ulis bagi setiap siswa di sekolah tersebut,

d. Setiap proses pembe
lajaran untuk setiap mata pelajaran disepakati mengembangkan budaya membaca dan
menulis melalui tugas-tugas yang relevan,



7. Visi
adalah sebagai berikut:"Berprestasi, berbudaya, dan ber-IPTEK, serta dilandasi
IMTAQ" dan salah satu misinya adalah meningkatkan kualitas pembelajaran. Salah s
atu tujuan jangka pendek yang terkait dengan misi tersebut adalah...


a. Sebagian guru melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Permendiknas No. 41
Tahun 2007 tentang Standar Proses

b. Guru merencanakan dan melaksa
nakan pembelajaran sesuai dengan Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar
Proses

c. Semua guru merencanakan dan melaksanakan pembelajaran se
suai dengan Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses

d.
Sebagian guru merencanakan dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Permen
diknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses


8. Untu
k meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran sekolah akan menerapkan pe
mbelajaran kontekstual untuk semua mata pelajaran. Konsekuensi logis dari kegiat
an tersebut adalah ...

a. Membuat surat edaran yang ditandatangani
semua guru tentang kesediaan melakukan pembelajaran kontekstual,

b.
Menugasi wakil kepala sekolah bidang kurikulum untuk mengumpulkan Silabus dan
RPP semua mata pelajaran dan diperiksa tentang kegiatan pembelajarannya,
<
br />c. Sekolah mengadakan IHT tentang pembelajaran kontekstual dan ditindakl
anjuti pembuatan perangkat pembelajaran, serta dievaluasi tingkat efektifitas da
n efisiensinya,

d. Meningkatkan kegiatan MGMP sekolah untuk semua
mata pelajaran.


9. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional
Nomor 41 Tahun 2007, tentang Standar Proses menentukan bahwa pelaksanaan pembel
ajaran merupakan implementasi dari RPP. Pelaksanaan pembelajaran pada kegiatan i
nti berisi proses interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi pe
serta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi p
rakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembanga
n fisik serta psikologis peserta didik dan memuat proses eksplorasi, elaborasi,
dan konfirmasi. Pada kenyataanya pada sekolah tersebut masih banyak guru yang be
lum melaksanakan. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah melakukan......
/>a. Menghimbau kepada semua guru dalam setiap kesempatan untuk melakukan pr
oses pembelajaran sesuai dengan Permendiknas tersebut,

b. Melaksan
akan workshop pembelajaran dan ditindaklanjuti di MGMPS serta dipantau dan diada
kan pembinaan secara intensif,

c. Selalu mengingatkan semua guru p
ada setiap rapat dewan guru untuk segera mengubah proses pembelajaran sesuai den
gan Permendiknas tersebut,

d. Menugasi wakil kepala bidang kurikul
um selalu mengajak semua guru untuk melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Perm
endiknas tersebut.

Prediksi Soal UKG 2015


10. Pada
ulangan harian pertama kelas X-2 ada 4 siswa dari 40 siswa di kelas itu yang be
lum tuntas. Guru mata pelajaran tersebut tidak memperhatikan siswa yang belum tu
ntas tersebut, karena sudah mencapai ketuntasan kelas lebih dari 85%. Menyikapi
masalah di atas Kepala Sekolah melakukan…..

a. Mengingatkan kepada
semua guru pada rapat dewan guru untuk melaksanakan konsep penilaian pada KTSP
secara benar dan akuntabel,

b. Membiarkan guru tersebut karena sud
ah sesuai dengan konsep penilaian pada KTSP,

c. Menegur guru terse
but pada rapat dewan guru karena melakukan kesalahan penanganan dalam melakukan
penilaian,

d. Membiarkan guru tersebut karena kegiatan penilaian m
erupakan otoritas guru meskipun belum sesuai dengan konsep penilaian pada KTSPr />


11. Bentuk LHBS untuk setiap mata pelajaran yg sesuai
dengan Permendiknas No 20 tahun 2007 adalah ....

a. Satu nilai un
tuk satu mata pelajaran

b. Satu nilai untuk satu mata pelajaran be
serta deskripsi kemajuan belajar

c. Satu nilai setiap aspek untuk
setiap mata pelajaran

d. Satu nilai pencapaian kompetensi mata pel
ajaran, disertai dengan deskripsi kemajuan belajar,



12.
Pada saat rapat dewan pendidik untuk menetapkan kelulusan siswa terdapat 3 s
iswa lulus Ujian Nasional tetapi tidak lulus ujian sekolah karena satu mata pela
jaran ujian sekolah di bawah kriteria kelulusan. Menyikapi hal tersebut Kepala S
ekolah ...

a. Menetapkan 3 siswa tersebut tidak lulus sekolah atas
dasar hasil rapat dewan pendidik,

b. Menghimbau pada rapat dewan
pendidik untuk meluluskan 3 siswa tersebut, menyangkut prestise sekolah,
r />c. Meluluskan 3 siswa tersebut sebab ujian nasional memiliki bobot lebih
dari pada ujian sekolah,

d. Memerintahkan guru mata pelajaran yang
menyebabkan tidak lulus untuk menambah nilai agar siswa tersebut lulus sekolah.








13. Kegiatan pelayanan ko
nseling sangat diperlukan oleh siswa, untuk kepentingan tersebut guru BK meminta
mengajar 1 jam tatap muka dan dituliskan dalam jadwal pelajaran. Menyikapi hal
tersebut Kepala Sekolah ...

a. Mengabulkan permintaan tersebut mes
kipun menambah beban balajar siswa,

b. Tidak mengabulkan permintaa
n tersebut karena akan menambah beban belajar siswa

c. Mengabulkan
permintaan tersebut atas dasar hasil rapat dewan pendidik, tetapi 1 jam tersebu
t bukan merupakan beban belajar siswa,

d. Tidak mengabulkan permin
taan tersebut meskipun kegiatan tersebut sangat penting.



>14. Dewan guru menghendaki pada SMKS Taruna Bakti pada hari sabtu tidak ada
kegiatan pembelajaran tetapi dimanfaatkan untuk kegiatan ekstrakurikuler. Menyi
kapi hal tersebut Kepala Sekolah .....

a. Tidak menyetujui dengan
alasan tidak sesuai dengan aturan yang ada,

b. Menyetujui atas das
ar hasil rapat dewan pendidik dan persetujuan Yayasan, serta dilaksanakan dengan
baik dan akuntabel,

c. Menyetujui tetapi dengan syarat pada hari
sabtu bukan hari libur,

d. Tidak menyetujui karena akan merugikan
siswa.



15. Untuk meningkatkan mutu akademik, sekolah
berkeinginan untuk mengatur kegiatan akademik, dan hasil rapat dewan pendidik d
isepakati adanya peraturan akademik di sekolah tersebut. Menyikapi hal tersebut
kepala sekolah melakukan... ...

a. Segera memerintahkan kepada wak
il kepala bidang akademik untuk segera mengumumkan secara lisan kepada seluruh s
iswa

b. Segera membentuk TIM akademis dan wakil kepala bidang akad
emik untuk segera mensosialisasikan kepada seluruh siswa

c. Segera
membentuk TIM akademis dan wakil kepala bidang akademik untuk segera menyusun P
eraturan Akademik dan disosialisasikan kepada semua fihak pemangku kepentingan d
i sekolah tersebut.

d. Segera membuat SK pembentukan TIM akademis
untuk disosialisasikan kepada semua guru mapel



16. G
una pemenuhan Standar Pengelolaan, sekolah mendayagunakan setiap unsur pada seko
lah tersebut. Salah satu bentuk pendayagunaan adalah .....

a. Mene
tapkan wakil kepala Sekolah yang bertanggungjawab sesuai bidangnya sebagai penge
lola pada bidangnya,

b. Menetapkan wakil kepala Sekolah yang melak
sanakan tugas dan bertanggungjawab sesuai bidangnya sebagai pengelola pada bidan
gnya,

c. Menetapkan wakil kepala Sekolah yang bertanggungjawab ses
uai bidangnya sebagai pembantu kepala sekolah dalam mengelola sesuai bidangnya,<
br />
d. Menetapkan wakil kepala Sekolah yang melaksanakan tugas dan ber
tanggungjawab sesuai bidangnya sebagai pembantu kepala sekolah dalam mengelola s
esuai bidangnya



17. Dari hasil evaluasi sekolah diak
hir tahun, SMK MAJU akan meningkatkan efektifitas dan efisiensi bidang keuangan
dan pembiayaan. Menyikapi hal tersebut, kepala SMK MAJU melakukan.......
r />a. Membentuk TIM untuk menyusun pedoman pengelolaan biaya investasi dan o
perasional, dan RAPBS yang akan dilaksanakan pada tahun berikutnya

b.
Membentuk TIM untuk menyusun RAPBS yang akan dilaksanakan pada tahun berikut
nya, diputuskan oleh komite sekolah, ditetapkan oleh kepala sekolah dan mendapat
ijin dari institusi di atasnya, serta disosialisasikan kepada semua warga sekol
ah,

c. Membentuk TIM untuk menyusun pedoman pengelolaan biaya inve
stasi dan operasional, diputuskan oleh komite sekolah, ditetapkan oleh kepala se
kolah dan mendapat ijin dari institusi di atasnya, serta disosialisasikan kepada
semua warga sekolah

d. Membentuk TIM untuk menyusun pedoman penge
lolaan biaya investasi dan operasional, diputuskan oleh komite sekolah dan ditet
apkan oleh kepala sekolah, serta disosialisasikan kepada semua warga sekolah
/>
18. Agar penerimaan siswa baru pada SMK WAJAR berjalan lancar dan te
rkendali, seharusnya sekolah tersebut ...

a. Menyusun dan menetapk
an petunjuk pelaksanaan operasional mengenai proses PSB yang merujuk pada POS se
cara regional, dan diberitakan kepada masyarakat, sebelum PSB di laksanakan,
/>
b. Menyusun dan menyebarkan edaran tentang PSB kepada masyarakat, seb
elum PSB di laksanakan

c. Mensosialisasikan kriteria PSB kepada ma
syarakat melalui media masa atau media elektronika, sebelum PSB di laksanakan />
d. Menyusun dan menetapkan petunjuk pelaksanaan operasional mengenai
proses PSB yang merujuk pada POS secara regional, sebelum PSB dilaksanakan.
/>

19. SMKN 1 Kotabaru akan meningkatkan kualitas pengelolaan Sis
tem Informasi Manajemen, sehingga permintaan dan pemberian informasi serta penga
duan dari masyarakat berkaitan dengan pengelolaan sekolah dapat segera diberikan
atau diketahui. Menyikapi hal tersebut di atas sekolah melakukan........
<
br />a. Memerintahkan wakil kepala untuk menyediakan fasilitas informasi yang
efisien, efektif, dan mudah diakses, sehingga dapat melayani masyarakat secara
optimal,

b. Menugaskan seorang guru atau tenaga kependidikan untuk
melayani dan merekam permintaan dan pemberian informasi serta pengaduan dari ma
syarakat berkaitan dengan pengelolaan sekolah, serta didokumentasikan dengan bai
k sebagai bahan laporan kepada Dinas Pendidikan Kota,

c. Membentuk
TIM untuk menyediakan fasilitas informasi yang efisien, efektif, dan mudah diak
ses melayani permintaan dan pemberian informasi serta pengaduan dari masyarakat
berkaitan dengan pengelolaan sekolah,

d. Memerintahkan seorang gur
u atau tenaga kependidikan untuk menyediakan fasilitas informasi yang efisien, e
fektif, dan mudah diakses, sehingga dapat melayani masyarakat secara optimal. />

20. Untuk meningkatkan kualitas pengelolaan, sekolah menyusun
pedoman operasional sekolah. Pedoman pengelolaan sekolah meliputi ...

/>a. RKAS, KTSP, Silabus, RPP, Kaldik, RAPBS, Jadwal Mengajar, Jurnal, Daft
ar Hadir,
b. KTSP, Kaldik, Struktur Organlsasi Sekolah, Pembagian Tuga
s Guru Dan Tendik, Tata Tertib Sekolah, Peraturan Akademik, Kode Etik, dan Beaya
Operasional Sekolah,
c. RAPBS, KTSP, Silabus, RPP, Kaldik, Pembagian
Tugas Guru dan Tendik, Daftar Hadir,
d. KTSP, Silabus, RPP, Kaldik, Ju
rnal, Pembagian Tugas Guru Dan Tendik, Tata Tertib Sekolah, Peraturan Akademik,
Dan Beaya Operasional Sekolah,

Lihat juga contoh soal
UKG yang lain di situs tintaguru. Latihan Soal UKG 2015a>

No comments:

Post a Comment