Friday, March 11, 2016

RPP Al-Qur’an Al-Hadis Kurikulum 2013 Lengkap

RPP 
Al-Qur’an Al-Hadi
s Kurikulum 2013
. Bagi anda yang membutuhkan RPP Qur'an hadist model k13 sil
akan bisa download si ini. 

Berikut
adalah contoh RPP Qur'an Hadist Kurikulum 2013. Untuk link downhttp://infogtksekolah.blogspot.com/d.tintaguru.com/2015/11/rpp-al-quran-al-hadis-kurikulum-20
13.html" target="_blank">rpp qurdis MTs nya ada di bawah. 


RPP Al-Qu
r’an Al-Hadis Kurikulum 2013 Lengkap

le="line-height: 120%; text-align: left;">
"MsoNormal" style="line-height: 120%; mso-layout-grid-align: none; text-align: c
enter; text-autospace: none;">
/>
g="EN-US" style="line-height: 120%;">RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
"EN-US" style="line-height: 120%; mso-bidi-font-family: "Times New Roman&qu
ot;; mso-bidi-font-size: 12.0pt; mso-bidi-language: KN;">(RPP)


RPP Al-Qur’an Al-Hadis
/>

Satuan Pendidikan           
;   :  
MTs _________________
ass="MsoNormal" style="line-height: 120%; mso-layout-grid-align: none; tab-stops
: 135.0pt 148.85pt; text-align: justify; text-autospace: none;">Mata Pelajaran&n
bsp;            &nbs
p;     :   Al-Qur’an dan Al-Hadis

Kelasn lang="EN-US" style="line-height: 120%; mso-bidi-font-family: "Times New R
oman"; mso-bidi-font-size: 12.0pt; mso-bidi-language: KN;">/Semester &
nbsp;            &nb
sp;    :   VII / I
Materi Pokok  &nb
sp;             
;      :   2. KUSANDARKAN AKTIVITASKU HANYA K
EPADA
           &
nbsp;            &nb
sp;             
;            ALLAH SWT.pan style="line-height: 120%; mso-ansi-language: IN; mso-bidi-font-family: "
;Times New Roman"; mso-bidi-font-size: 12.0pt;">
v class="MsoNormal" style="line-height: 120%; mso-layout-grid-align: none; tab-s
tops: 134.7pt 148.85pt; text-align: justify; text-autospace: none;">Alokasi Waktu  
;             &
nbsp;    :  
3 x 2 x 40 menit (3 pertemuan)
ss="MsoNormal" style="line-height: 120%;">
le="line-height: 120%; tab-stops: 22.5pt;">A.    Kompetensi Dasar d
an Indikator
d style="padding: 0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; width: 26.55pt;" valign="top" width="44">
lang="EN-US" style="line-height: 120%; mso-bidi-font-size: 12.0pt;">1.3<
/em>

body>
Menghayati keesaan Allah sesuai
isi kandungan
Q.S. al-Faatihah (1), an-Naas (114), al-Falaq
(113) dan al-Ikhlaas (112)
="padding: 0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; width: 26.55pt;" valign="top" width="44">
ass="MsoNormal" style="line-height: 120%; text-align: justify;">2.2>
yle="background: white; layout-grid-mode: char; line-height: 120%; mso-layout-gr
id-align: none; text-align: justify;">Terbiasa beri
badah dan berdo’a sebagai penerapan isi kandungan
="line-height: 120%; mso-ansi-language: NL; mso-bidi-font-family: "Times Ne
w Roman"; mso-bidi-font-size: 12.0pt; mso-bidi-font-weight: bold; mso-farea
st-language: IN;">Q.S. al-Faatihah (1), an-Naas (114), al-Falaq (113) dan al-I
khlaas (112)
dalam kehidupan sehari-harispan>
s="MsoNormal" style="line-height: 120%; text-align: justify;">3.2<
/em>
ss="MsoNormal" style="background: white; layout-grid-mode: char; line-height: 12
0%; mso-layout-grid-align: none; text-align: justify;">Memahami isi kandungan Q.S. al
-Faatihah (1), an-Naas (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlaas (112)
style="line-height: 120%; mso-ansi-language: IN; mso-bidi-font-family: "Ti
mes New Roman"; mso-bidi-font-size: 12.0pt; mso-bidi-font-weight: bold; mso
-fareast-language: IN;">tentang keesaan Allah style="font-style: normal;">
<
span lang="EN-US" style="line-height: 120%; mso-bidi-font-size: 12.0pt;">4.1an>
Me
mbaca
Q.S. al-Faatihah (1), an-Naa
s (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlaas (112) 
dengan fasih dan tartil
s="MsoNormal" style="line-height: 120%; text-align: justify;">4.2<
span lang="EN-US" style="font-style: normal; line-height: 120%; mso-bidi-font-si
ze: 12.0pt;">
e="background: white; layout-grid-mode: char; line-height: 120%; mso-layout-grid
-align: none; text-align: justify;">Menghafal n>Q.S. al-Faatihah (1), an-Naas (114), al
-Falaq (113) dan al-Ikhlaas (112)
secara f
asih dan tartil.

Indikator :
1. style="font-size: 7pt; font-stretch: normal; font-style: normal; line-height: n
ormal;">    
="line-height: 120%; mso-ansi-language: SV; mso-bidi-font-size: 12.0pt;">Membaca
e="line-height: 120%; mso-ansi-language: NL; mso-bidi-font-size: 12.0pt; mso-bid
i-font-weight: bold; mso-fareast-language: IN;">Q.S. al-Faatihah (1),
an-Naas
(114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlaas (112)  n>dengan fasih dan tartilp>
2.     an style="line-height: 120%; mso-bidi-font-size: 12.0pt;">Menerjemahkan <
span lang="NL" style="line-height: 120%; mso-ansi-language: NL; mso-bidi-font-si
ze: 12.0pt; mso-bidi-font-weight: bold;">Q.S. al-Faatihah (1), an-Naas
(114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlaas (112)
lass="MsoListParagraphCxSpMiddle" style="line-height: 120%; margin-left: 42.55pt
; mso-add-space: auto; mso-list: l6 level1 lfo1; text-indent: -18.0pt;">3.     <
/span>Menjelaskan isi kandungan Q.S. al-Faatihah (1), an-Naas (114),
al-Falaq (113) dan al-Ikhlaas (112) tentang keesaan Allah
pan style="line-height: 120%; mso-bidi-font-size: 12.0pt;">
iv>
>4.    
Mengaitkan isi kandungan lang="NL" style="line-height: 120%; mso-ansi-language: NL; mso-bidi-font-size:
12.0pt; mso-bidi-font-weight: bold;">Q.S. al-Faatihah (1), an-Naas >(114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlaas (112) style="line-height: 120%; mso-ansi-language: SV; mso-bidi-font-size: 12.0pt;">t
entang keesaan Allah dengan kehidupan
tyle="line-height: 120%; mso-bidi-font-size: 12.0pt; mso-fareast-font-family: &q
uot;Times New Roman";">5.    
n lang="SV" style="line-height: 120%; mso-ansi-language: SV; mso-bidi-font-size:
12.0pt;">Mengidentifikasi ciri-ciri orang yang mengesakan Allah dalam kehidupannya :p>
6.    
Menghafal Q.S. al-Faatihah (1
), an-Naas (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlaas (112) n>secara fasih dan n> tartil.
lass="MsoNormal" style="line-height: 120%; margin-left: 22.5pt;">
v class="MsoNormal" style="line-height: 120%; tab-stops: 22.5pt;">B.  &n
bsp; Materi Pembelajaran
·     &n
bsp;
Hakekat Tauhid (keesaan Allah) o:p>
·    &nbs
p; 
Isi kandungan QS. al-Faatihah (1), an-Naas (114), <
i>al-Falaq
(113) dan al-Ikhlaas (112) tentang keesaan Allah>

class="MsoNormal" style="line-height: 120%; tab-stops: 22.5pt;">C.  &nb
sp; Media Pembelajaran

·      
Media   : Multimedia interaktif/CD interaktif/videov>
· 
     
Alat      : Poster/K
artu
r />
<
b>D.    Sumber Belajar
·     &nbs
p;
Al-Qur’an dan Al-Hadis
·     
 
Buku Guru dan Buku Siswa Al-Qur’an dan Al-Hadis Kelas 7 MTs

>
E. &nbs
p;  Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
   
     Pertemuan Pertama
="1" cellpadding="0" cellspacing="0" class="MsoNormalTable" style="border-collap
se: collapse; border: none; margin-left: 26.7pt; mso-border-alt: solid black .5p
t; mso-border-insideh: .5pt solid black; mso-border-insidev: .5pt solid black; m
so-padding-alt: 0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-table-layout-alt: fixed; mso-yfti-tbllo
ok: 1184; width: 723px;"> d style="border-bottom: solid black 1.0pt; border-left: none; border-right: soli
d black 1.0pt; border-top: none; mso-border-alt: solid black .5pt; mso-border-le
ft-alt: solid black .5pt; mso-border-top-alt: solid black .5pt; padding: 0cm 5.4
pt 0cm 5.4pt; width: 346.5pt;" valign="top" width="578">
"line-height: 120%;">Inti
1.     Guru
mengajak peserta didik mencermati 4 gambar

class="MsoListParagraphCxSpMiddle" style="line-height: 120%; margin-left: 42.55p
t; mso-add-space: auto; mso-layout-grid-align: none; mso-list: l3 level1 lfo5; p
age-break-after: avoid; text-autospace: none; text-indent: -18.0pt;">2.  &n
bsp; 
Guru m
eminta peserta didik mengangkat tangan sebelum mengeluarkan pendapatnya.<
/o:p>
3.     Peserta didik mengemukakan hasil pengamatan kasusnya. Dan pes
erta lain mendengarkan.
>4.     <
!--[endif]-->Guru mengajarkan bagaimana menghar
gai orang berbicara.
5.
    
Guru memberikan penjelasan tambahanpan style="letter-spacing: .05pt;"> dan penguatan yang dikemukaan peserta didik tentang hasil pengamatannya,
dan mengaitkannya dengan tema “Keesaan Allah
iv class="MsoNormal" style="line-height: 120%;">
style="border-top: none; border: solid black 1.0pt; mso-border-alt: solid black
.5pt; mso-border-top-alt: solid black .5pt; padding: 0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; width
: 37.2pt;" valign="top" width="62">
3.<
/span>
dth="62">
No.p>
Kegiatan
Waktu>
d>
"center" class="MsoNormal" style="line-height: 120%; mso-layout-grid-align: none
; text-align: center; text-autospace: none;">1.
<
span style="font-family: "times new roman" , serif;">Pendahuluan<
/o:p>
·       
Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama.
iv class="MsoListParagraphCxSpMiddle" style="line-height: 120%; margin-left: 17.
1pt; mso-add-space: auto; mso-list: l4 level1 lfo4; tab-stops: -261.0pt; text-al
ign: justify; text-indent: -18.0pt;">·        Guru memeri
ksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan dengan keg
iatan pembelajaran.
·   &n
bsp;   
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.:p>

·pan style="font-family: "times new roman"; font-size: 7pt; font-stretc
h: normal; line-height: normal;">        span>
Guru mempersiapkan media/alat peraga/alat bantu bisa berupa gambar atau
  menggunakan multimedia berbasis ICT atau media lainnya.n>
yle="font-family: "symbol"; line-height: 120%; mso-bidi-font-family: S
ymbol; mso-bidi-font-size: 12.0pt; mso-fareast-font-family: Symbol;">·e="font-family: "times new roman"; font-size: 7pt; font-stretch: norma
l; line-height: normal;">       
pan>U
ntuk menguasai kompetensi ini salah satu model pembelajaran yang cocok di anta
ranya model direct instruction (model pengajaran langsung) yang termasuk ke da
lam rumpun model sistem perilaku (the behavioral systems family of model). Dir
ect instruction diartikan sebagai instruksi langsung; dikenal juga dengan acti
ve learning atau whole-class teaching mengacu kepada gaya mengajar pendidik ya
ng mengusung isi pelajaran kepada peserta didik dengan mengajarkan memberikan
koreksi, dan memberikan penguatan secara langsung pula. Model ini dipadukan de
ngan model artikulasi (membuat/mencari pasangan yang bertujuan untuk mengetahu
i daya serap peserta didik).

<
/div>

s="MsoNormal" style="line-height: 120%; mso-layout-grid-align: none; text-align:
center; text-autospace: none;">10 menit
e="line-height: 120%; mso-ansi-language: IN; mso-bidi-font-family: "Times N
ew Roman"; mso-bidi-font-size: 12.0pt;">2.
style="line-height: 120%; mso-layout-grid-align: none; text-align: center; text
-autospace: none;">6n>0 menit
v class="Pa14" style="line-height: 120%;">Penutup
·
       
tyle="line-height: 120%; mso-bidi-font-size: 12.0pt;">Guru bertanya kepada peser
ta didik tentang manfaat/hikmah mempelajari materi yang telah dipelajari.

·       
Guru membimbing peserta didik untuk menyimpulkan materi secara klasi
kal.
·      
Guru menutup pembelajaran dengan do’a dan hamdalah kemudian
mengucapkan salam.
style="line-height: 120%; margin-left: 29.85pt; mso-add-space: auto;">
iv>

"MsoNormal" style="line-height: 120%; mso-layout-grid-align: none; text-align: c
enter; text-autospace: none;">10 menit

      &nb
sp; Pertemuan Kedua
llspacing="0" class="MsoNormalTable" style="border-collapse: collapse; border: n
one; margin-left: 26.7pt; mso-border-alt: solid black .5pt; mso-border-insideh:
.5pt solid black; mso-border-insidev: .5pt solid black; mso-padding-alt: 0cm 5.4
pt 0cm 5.4pt; mso-table-layout-alt: fixed; mso-yfti-tbllook: 1184; width: 723px;
"> style="border-left: none; border: solid black 1.0pt; mso-border-alt: solid blac
k .5pt; mso-border-left-alt: solid black .5pt; padding: 0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; wid
th: 346.5pt;" width="578">
Kegiatan
y>
No.
="center" class="MsoNormal" style="line-height: 120%; mso-layout-grid-align: non
e; text-align: center; text-autospace: none;">Waktustyle="line-height: 120%; mso-bidi-font-family: "Times New Roman"; mso
-bidi-font-size: 12.0pt;">
1.<
o:p>
h="578">
Pendahuluan
<
div class="MsoListParagraphCxSpFirst" style="line-height: 120%; margin-left: 17.
1pt; mso-add-space: auto; mso-list: l4 level1 lfo4; tab-stops: -261.0pt; text-al
ign: justify; text-indent: -18.0pt;">·        Guru menguc
apkan salam dan berdoa bersama.
· &n
bsp;     
Guru memeriksa kehadiran, kerapian
berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.>
       
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
ass="MsoListParagraphCxSpMiddle" style="line-height: 120%; margin-left: 17.1pt;
mso-add-space: auto; mso-list: l4 level1 lfo4; tab-stops: -261.0pt; text-align:
justify; text-indent: -18.0pt;">·        Guru mempersiapk
an media/alat peraga/alat bantu bisa berupa gambar atau  menggunakan mult
imedia berbasis ICT atau media lainnya.
·        style="line-height: 120%; mso-bidi-font-size: 12.0pt;">Untuk menguasai kompeten
si ini salah satu model pembelajaran yang cocok di antaranya model direct inst
ruction (model pengajaran langsung) yang termasuk ke dalam rumpun model sistem
perilaku (the behavioral systems family of model). Direct instruction diartik
an sebagai instruksi langsung; dikenal juga dengan active learning atau whole-
class teaching mengacu kepada gaya mengajar pendidik yang mengusung isi pelaja
ran kepada peserta didik dengan mengajarkan memberikan koreksi, dan memberikan
penguatan secara langsung pula. Model ini dipadukan dengan model artikulasi
(membuat/mencari pasangan yang bertujuan untuk mengetahui daya serap peserta
didik).


10 menit:p>
n="center" class="MsoNormal" style="line-height: 120%; mso-layout-grid-align: no
ne; text-align: center; text-autospace: none;">2.
>Inti
Dalam hal
ini guru berusaha untuk menstimulasi peserta didik agar kritis dalam mengamat
i atau menyimak gambar tersebut. Sehingga dapat
memotivasi peserta didik  untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaa
n setelah mendengarkan pendapat tema
nnya dan penguatan dari guru se
rta menghubungkannya
dengan
Keesaan Allah  dalam kehidupan manusia.
Beberapa contoh yang bisa menjadi acuan pertanyaanng="EN-US" style="line-height: 120%;">:

pacing="0" class="MsoNormalTable" style="border-collapse: collapse; border: none
; margin-left: 5.4pt; mso-border-alt: solid windowtext .5pt; mso-border-insideh:
.5pt solid windowtext; mso-border-insidev: .5pt solid windowtext; mso-padding-a
lt: 0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-table-layout-alt: fixed; mso-yfti-tbllook: 1184;">
r>
NO
style="background: #D9D9D9; border-left: none; border: solid windowtext 1.0pt; m
so-border-alt: solid windowtext .5pt; mso-border-left-alt: solid windowtext .5pt
; padding: 0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; width: 78.0pt;" width="130">
Kata tanya
Pertanyaan :p>
="47">
1
"MsoListParagraphCxSpMiddle" style="line-height: 120%; margin-left: 0cm; mso-add
-space: auto; text-align: justify;">Apa
Sebenarnya apa sih yang diharapkan orang-orang deng
an mengirim sms kepada dukun dan sejenisnya?
2
style="line-height: 120%; margin-left: 0cm; mso-add-space: auto; text-align: ju
stify;">Siapa<
/o:p>
Si
apakah yang menciptakan alam semesta dengan segala keindahannya?<
/i>
3
Mengapa
Mengapa ya masih banyak juga orang yang percaya dan
meminta pertolongan kepada benda yang tidak dapat mendatangkan manfaat dan b
ahaya tanpa seizin Allah?
yle="line-height: 120%; margin-left: 0cm; mso-add-space: auto; text-align: justi
fy;">4span>
ign="top" width="130">
="line-height: 120%; mso-bidi-font-size: 12.0pt;">Bagaimanaiv>
Bagaimana ya agar kita tenang dalam me
nghadapi masa depan tanpa ramalan dan semacamnya?

dst
style="line-height: 120%; margin-left: 0cm; mso-add-space: auto;">
<
/td>


Catatan:="EN-US" style="line-height: 120%;">
    yle="margin-top: 0cm;" type="1">
  1. Guru harus bisa mendorong peserta didik untuk kritis dan m
    emiliki pertanyaan-pertanyaan sebanyak mungkin dan tidak perlu mengomenta
    rinya.
  2. Peserta didik mengungkapkan pertanyaan-pertanyaannya lewat li
    san.
  3. Guru bisa meminta salah satu peserta didik untuk menulis semua
    pertanyaan-pertanyaan tersebut di papan tulis atau bisa ditulis di
    kertas.
  4. Setelah terkumpul pertanyaan-pertanyaan tersebut. Guru memi
    nta melakukan kegiatan selanjutnya
"MsoNormal" style="line-height: 120%;">
6ang="EN-US" style="line-height: 120%; mso-bidi-font-family: "Times New Roma
n"; mso-bidi-font-size: 12.0pt;">0
menit
3.iv>
Penutup
· &nb
sp;     
Guru bertanya kepada peserta didik
tentang manfaat/hikmah mempelajari materi yang telah dipelajari.pan>
style="font-family: "symbol"; line-height: 120%; mso-bidi-font-family:
Symbol; mso-bidi-font-size: 12.0pt; mso-fareast-font-family: Symbol;">·yle="font-family: "times new roman"; font-size: 7pt; font-stretch: nor
mal; line-height: normal;">       
<
/span>>Guru membimbing peserta didik untuk menyimpulkan materi secara klasikal.

·       
Guru menutup pembelajaran dengan do’a dan hamdalah kemudian mengucap
kan salam.

ss="MsoNormal" style="line-height: 120%; mso-layout-grid-align: none; text-align
: center; text-autospace: none;">
10 m
enit
yle="line-height: 120%;">
        Perte
muan Ketiga
g="0" class="MsoNormalTable" style="border-collapse: collapse; border: none; mar
gin-left: 26.7pt; mso-border-alt: solid black .5pt; mso-border-insideh: .5pt sol
id black; mso-border-insidev: .5pt solid black; mso-padding-alt: 0cm 5.4pt 0cm 5
.4pt; mso-table-layout-alt: fixed; mso-yfti-tbllook: 1184; width: 723px;"> d>
ass="MsoNormal" style="line-height: 120%; mso-layout-grid-align: none; text-alig
n: center; text-autospace: none;">No.
Keg
iatan
Waktu
e="line-height: 120%; mso-layout-grid-align: none; text-align: center; text-auto
space: none;">1.p>

Pendahuluan
s="MsoListParagraphCxSpFirst" style="line-height: 120%; margin-left: 17.1pt; mso
-add-space: auto; mso-list: l4 level1 lfo4; tab-stops: -261.0pt; text-align: jus
tify; text-indent: -18.0pt;">·       
Guru mengucapkan sa
lam dan berdoa bersama.
·  &nbs
p;    
Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpaka
ian, posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.<
/span>
n style="font-family: "symbol"; line-height: 120%; mso-bidi-font-famil
y: Symbol; mso-bidi-font-size: 12.0pt; mso-fareast-font-family: Symbol;">·style="font-family: "times new roman"; font-size: 7pt; font-stretch: n
ormal; line-height: normal;">        >
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
·        style="line-height: 120%; mso-bidi-font-size: 12.0pt;">Guru mempersiapkan media
/alat peraga/alat bantu bisa berupa gambar atau  menggunakan multimedia
berbasis ICT atau media lainnya.
· 
      
Untuk menguasai kompetensi ini s
alah satu model pembelajaran yang cocok di antaranya model direct instruction
(model pengajaran langsung) yang termasuk ke dalam rumpun model sistem perilak
u (the behavioral systems family of model). Direct instruction diartikan sebag
ai instruksi langsung; dikenal juga dengan active learning atau whole-class te
aching mengacu kepada gaya mengajar pendidik yang mengusung isi pelajaran kepa
da peserta didik dengan mengajarkan memberikan koreksi, dan memberikan penguat
an secara langsung pula. Model ini dipadukan dengan model artikulasi (membuat/
mencari pasangan yang bertujuan untuk mengetahui daya serap peserta didik).p>


<
span style="line-height: 120%; mso-ansi-language: IN; mso-bidi-font-family: &quo
t;Times New Roman"; mso-bidi-font-size: 12.0pt;">10 menit
class="MsoNormal" style="line-height: 120%; mso-layout-grid-align: none; text-a
lign: center; text-autospace: none;">2.
lign="top" width="578">
le="font-family: "times new roman" , serif;">Inti>
  1. le="line-height: 120%; page-break-after: avoid;">Guru meminta peserta didik untuk mencari jawaban
    dari pertanyaan-pertanyaan tersebut di “
    tyle="line-height: 120%; mso-bidi-font-family: "Times New Roman"; mso-
    bidi-font-size: 12.0pt;">bukalah wawasanmu
  2. Peserta didik diberi waktu membaca dan me
    nelaah “
    bukalah wawasa
    nmu
    <
    /o:p>
  3. Guru me
    minta peserta didik untuk mencatat jawaban-jawaban berdasarkan “
    an lang="EN-US" style="line-height: 120%; mso-bidi-font-family: "Times New
    Roman"; mso-bidi-font-size: 12.0pt;">bukalah wawasanmu
    style="line-height: 120%; mso-ansi-language: IN; mso-bidi-font-family: "Tim
    es New Roman"; mso-bidi-font-size: 12.0pt;">”
  4. ss="MsoNormal" style="line-height: 120%; page-break-after: avoid;">Jika ada pertanyaan yang tidak
    ada jawabannya, guru bisa memberikan penjelasan singkat atau memberikan s
    umber-sumber bacaan yang bisa peserta didik dapatkan.
    li>

ass="MsoNormal" style="line-height: 120%; mso-layout-grid-align: none; page-brea
k-after: avoid; text-autospace: none;">Catatan:
s="MsoNormal" style="line-height: 120%; mso-layout-grid-align: none; page-break-
after: avoid; text-align: justify; text-autospace: none;">Jika ada pertanyaan
yang menarik dan perlu dikaji lebih mendalam, guru bisa menjadikan pertanyaan
tersebut menjadi tugas mandiri.
yle="line-height: 120%;">
gn="top" width="83">
n style="line-height: 120%; mso-ansi-language: IN; mso-bidi-font-family: "T
imes New Roman"; mso-bidi-font-size: 12.0pt;">6yle="line-height: 120%; mso-bidi-font-family: "Times New Roman"; mso-b
idi-font-size: 12.0pt;">0
menit
width="62">
"line-height: 120%; mso-ansi-language: IN; mso-bidi-font-family: "Times New
Roman"; mso-bidi-font-size: 12.0pt;">3.
style="border-bottom: solid black 1.0pt; border-left: none; border-right: solid
black 1.0pt; border-top: none; mso-border-alt: solid black .5pt; mso-border-left
-alt: solid black .5pt; mso-border-top-alt: solid black .5pt; padding: 0cm 5.4pt
0cm 5.4pt; width: 346.5pt;" valign="top" width="578">
Penutup
style="line-height: 120%; margin-left: 17.1pt; mso-add-space: auto; mso-list: l4
level1 lfo4; tab-stops: -261.0pt; text-align: justify; text-indent: -18.0pt;"><
!--[if !supportLists]-->·    
;   
Guru bertanya kepada peserta didik tentang manfaa
t/hikmah mempelajari materi yang telah dipelajari.
class="MsoListParagraphCxSpMiddle" style="line-height: 120%; margin-left: 17.1p
t; mso-add-space: auto; mso-list: l4 level1 lfo4; tab-stops: -261.0pt; text-alig
n: justify; text-indent: -18.0pt;">·        Guru membimbi
ng peserta didik untuk menyimpulkan materi secara klasikal.
<
/div>
="font-family: "symbol"; line-height: 120%; mso-bidi-font-family: Symb
ol; mso-bidi-font-size: 12.0pt; mso-fareast-font-family: Symbol;">·        >Guru
menutup pembelajaran dengan do’a dan hamdalah kemudian mengucapkan salam.>

style="line-height: 120%; mso-layout-grid-align: none; text-align: center; text
-autospace: none;">
10 menit>

        Pertemuan Keempat:p>

style="border: solid black 1.0pt; mso-border-alt: solid black .5pt; padding: 0cm
5.4pt 0cm 5.4pt; width: 37.2pt;" width="62">
No.
Kegiatan o:p>
Waktu
valign="top" width="62">
>1.v>
Pendahuluan
· 
      
Guru mengucapkan salam dan berdo
a bersama.
"line-height: 120%; margin-left: 17.1pt; mso-add-space: auto; mso-list: l4 level
1 lfo4; tab-stops: -261.0pt; text-align: justify; text-indent: -18.0pt;">·     
;  
Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi
tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
<
div class="MsoListParagraphCxSpMiddle" style="line-height: 120%; margin-left: 17
.1pt; mso-add-space: auto; mso-list: l4 level1 lfo4; tab-stops: -261.0pt; text-a
lign: justify; text-indent: -18.0pt;">·        Guru menya
mpaikan tujuan pembelajaran.
·  
;     
Guru mempersiapkan media/alat peraga/
alat bantu bisa berupa gambar atau  menggunakan multimedia berbasis ICT
atau media lainnya.
·   &
nbsp;   
Untuk menguasai kompetensi ini salah satu mod
el pembelajaran yang cocok di antaranya model direct instruction (model peng
ajaran langsung) yang termasuk ke dalam rumpun model sistem perilaku (the beha
vioral systems family of model). Direct instruction diartikan sebagai instruks
i langsung; dikenal juga dengan active learning atau whole-class teaching meng
acu kepada gaya mengajar pendidik yang mengusung isi pelajaran kepada peserta
didik dengan mengajarkan memberikan koreksi, dan memberikan penguatan secara l
angsung pula. Model ini dipadukan dengan model artikulasi (membuat/mencari pas
angan yang bertujuan untuk mengetahui daya serap peserta didik).pan>

valign="top" width="83">


"line-height: 120%; mso-ansi-language: IN; mso-bidi-font-family: "Times New
Roman"; mso-bidi-font-size: 12.0pt;">10 menit
>2.
width="578">
Inti
class="MsoNormal" style="line-height: 120%; mso-layout-grid-align: none; page-b
reak-after: avoid; text-align: justify; text-autospace: none; text-indent: 36.0p
t;">Pada kegiatan ini, terdapat be
rbagai pilihan kegiatan yang dapat membantu siswa untuk dapat menalar dan meng
embangkan pikirannya. Sehingga siswa semakin kuat pemahaman dan berkembang day
a nalarnya. (kondisional, guru dapat menugaskan peserta didik dengan skala
prioritas mana tugas penalaran yang dapat digunakan atau  mungkin dapat d
ilakukan semua)

="EN-US" style="color: #002060; line-height: 120%; mso-bidi-font-family: "T
imes New Roman"; mso-bidi-font-size: 12.0pt;">BERDISKUSI
<
/b>

Tidak adanya rasa percaya diri, gersangnya jiwa manusia
dan kurangnya mereka dalam memahami aqidah Islam, seringkali menimbulkan kepu
tusasaan seseorang dalam menghadapi permasalahan bahkan menikmati sebuah kebah
agiaan. Hingga mereka sering
melakukan perbuatan-perbuatan yang tanpa disadari akan merusak aqidah merek
a.
Salah satu yang dapat d
ilakukan guru di sini adalah mengajak mereka mengasah ketajaman daya nalar mer
eka dengan berdiskusi tentang “apa penyebab penyimpangan-penyimpangan peril
aku manusia dalam kehidupan dan bagaimana solusinya”
sebelumnya
an style="line-height: 120%;">peserta didik dengan instruksi guru mencari peristiwa-peristiwa yang dialami
seseorang yang menyimpang dari isi kandungan QS. An-Naas dan QS. Al-Falaq. Da
n mencetak/menggunting berita nyata yang diperoleh
peserta didik
pada tempat yang disediakan guru dan jangan lupa untuk mengingatkan
style="line-height: 120%;">peserta didik menyertakan sumbernya!
class="MsoNormal" style="line-height: 120%; mso-layout-grid-align: none; page-b
reak-after: avoid; text-align: center; text-autospace: none;">
lign="center" class="MsoNormal" style="line-height: 120%; mso-layout-grid-align:
none; page-break-after: avoid; text-align: center; text-autospace: none;">
>
Discuss!


Diskusikan kasus berikut bersama kelompokmu, dan jangan lupa tulis hasilnya pa
da kolom bawah!


<
div class="MsoNormal" style="line-height: 120%; mso-layout-grid-align: none; pag
e-break-after: avoid; text-align: justify; text-autospace: none; text-indent: 36
.0pt;">

/>

div>

<
div class="MsoNormal" style="line-height: 120%; margin-left: 54.0pt; mso-layout-
grid-align: none; text-align: justify; text-autospace: none;">
lass="MsoNormal" style="line-height: 120%; margin-left: 54.0pt; mso-layout-grid-
align: none; text-align: justify; text-autospace: none;">
"MsoNormal" style="line-height: 120%; margin-left: 54.0pt; mso-layout-grid-align
: none; text-align: justify; text-autospace: none;">


le="line-height: 120%; margin-left: 54.0pt; mso-layout-grid-align: none; text-al
ign: justify; text-autospace: none;">

  1. G
    uru menjelaskan pengantar
    tentang tata cara berdiskusi, antara lain
    ="line-height: 120%; mso-bidi-font-family: "Times New Roman"; mso-bidi
    -font-size: 12.0pt;">
a.      yle="line-height: 120%;">Setiap kelompok harus memilih ketua dan sekretaris.an>
ass="MsoNormal" style="line-height: 120%; margin-left: 54.0pt; mso-layout-grid-a
lign: none; mso-list: l0 level1 lfo9; page-break-after: avoid; text-align: justi
fy; text-autospace: none; text-indent: -18.0pt;">lang="EN-US" style="line-height: 120%;">b.     Setiap kelompok mendiskusikannya deng
an menkaji “
bukalah w
awasanmu
”atau melihat sumber lai
n.
<
div class="MsoNormal" style="line-height: 120%; margin-left: 54.0pt; mso-layout-
grid-align: none; mso-list: l0 level1 lfo9; page-break-after: avoid; text-align:
justify; text-autospace: none; text-indent: -18.0pt;">
c.      >Setiap kelompok mencatat
hasil diskusinya di kertas dengan rapi (bisa disediakan oleh guru atau dari pe
serta didik).
`span>
g="EN-US" style="line-height: 120%;">d.     Setiap kelompok meletakkan hasil kerjany
a di atas mejanya.
o:p>
an lang="EN-US" style="line-height: 120%;">e.      span>Setiap kelompok bergeser kel
ompok lain untuk mengamati hasil diskusi kelompok lain.
  1. Guru melakukan pengamatan selama diskusi berlangsung. Gunakan Format
    penilaian “Unjuk kerja”.
  2. Setelah selesai diskusi, tiap kelompok berputar untuk mengamati
    hasil diskusi kelompok lain.
  3. Setelah selesai, tiap kelompok kembali ke tempatnya masing-
    masin
  1. "MsoNormal" style="line-height: 120%; page-break-after: avoid; text-align: justi
    fy;">Guru meminta tiap ke
    lompok memberikan komentar tentang persamaan dan perbedaan hasil diskusi
    antara kelompoknya dengan kelompok lain.
  2. Guru meminta pendapat dari peserta didik secara jujur,
    kelompok mana yang paling baik hasil diskusinya.
    style="line-height: 120%; mso-bidi-font-family: "Times New Roman"; ms
    o-bidi-font-size: 12.0pt;">
  3. Guru tidak perlu mengomentari tentang ha
    sil penilaian peserta didik.
  4. Guru mengakhiri kegiatan diskusi dengan memberikan semangat
    dan menghargai semua usaha peserta didik.
    e="line-height: 120%; mso-bidi-font-family: "Times New Roman"; mso-bid
    i-font-size: 12.0pt;">

le="line-height: 120%; mso-ansi-language: IN; mso-bidi-font-family: "Times
New Roman"; mso-bidi-font-size: 12.0pt;">6
0 menit
h="62">
3.
="border-bottom: solid black 1.0pt; border-left: none; border-right: solid black
1.0pt; border-top: none; mso-border-alt: solid black .5pt; mso-border-left-alt:
solid black .5pt; mso-border-top-alt: solid black .5pt; padding: 0cm 5.4pt 0cm
5.4pt; width: 346.5pt;" valign="top" width="578">
>Penutup
="line-height: 120%; margin-left: 17.1pt; mso-add-space: auto; mso-list: l4 leve
l1 lfo4; tab-stops: -261.0pt; text-align: justify; text-indent: -18.0pt;">·    &nbs
p;  
Guru bertanya kepada peserta didik tentang manfaat/hik
mah mempelajari materi yang telah dipelajari.
s="MsoListParagraphCxSpMiddle" style="line-height: 120%; margin-left: 17.1pt; ms
o-add-space: auto; mso-list: l4 level1 lfo4; tab-stops: -261.0pt; text-align: ju
stify; text-indent: -18.0pt;">·        ·        Guru menu
tup pembelajaran dengan do’a dan hamdalah kemudian mengucapkan salam.p>

e="line-height: 120%; mso-layout-grid-align: none; text-align: center; text-auto
space: none;">
10 menitan>

        Pertemuan Kelima:p>

d style="border-bottom: solid black 1.0pt; border-left: none; border-right: soli
d black 1.0pt; border-top: none; mso-border-alt: solid black .5pt; mso-border-le
ft-alt: solid black .5pt; mso-border-top-alt: solid black .5pt; padding: 0cm 5.4
pt 0cm 5.4pt; width: 49.6pt;" valign="top" width="83">
gn="center" class="MsoNormal" style="line-height: 120%; mso-layout-grid-align: n
one; text-align: center; text-autospace: none;">60pan> menitan>
body>
"border: solid black 1.0pt; mso-border-alt: solid black .5pt; padding: 0cm 5.4pt
0cm 5.4pt; width: 37.2pt;" width="62">
le="line-height: 120%; mso-layout-grid-align: none; text-align: center; text-aut
ospace: none;">No.
<
div align="center" class="MsoNormal" style="line-height: 120%; mso-layout-grid-a
lign: none; text-align: center; text-autospace: none;">Kegiatan b>
style="line-height: 120%; mso-layout-grid-align: none; text-align: center; text
-autospace: none;">Waktu<
o:p>
n="top" width="62">
style="line-height: 120%; mso-ansi-language: IN; mso-bidi-font-family: "Ti
mes New Roman"; mso-bidi-font-size: 12.0pt;">1.
>
tyle="line-height: 120%;">Pendahuluan
·  
     
Guru mengucapkan salam dan berdoa bers
ama.
·      
Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempa
t duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
ass="MsoListParagraphCxSpMiddle" style="line-height: 120%; margin-left: 17.1pt;
mso-add-space: auto; mso-list: l4 level1 lfo4; tab-stops: -261.0pt; text-align:
justify; text-indent: -18.0pt;">·        Guru menyampaika
n tujuan pembelajaran.
·   
;    
Guru mempersiapkan media/alat peraga/alat b
antu bisa berupa gambar atau  menggunakan multimedia berbasis ICT atau
media lainnya.
yle="line-height: 120%; margin-left: 17.1pt; mso-add-space: auto; mso-list: l4 l
evel1 lfo4; tab-stops: -261.0pt; text-align: justify; text-indent: -18.0pt;">-[if !supportLists]-->·    &
nbsp;  
Untuk menguasai kompetensi ini salah satu model p
embelajaran yang cocok di antaranya model direct instruction (model pengajaran
langsung) yang termasuk ke dalam rumpun model sistem perilaku (the behavioral
systems family of model). Direct instruction diartikan sebagai instruksi lang
sung; dikenal juga dengan active learning atau whole-class teaching mengacu ke
pada gaya mengajar pendidik yang mengusung isi pelajaran kepada peserta didik
dengan mengajarkan memberikan koreksi, dan memberikan penguatan secara langsun
g pula. Model ini dipadukan dengan model artikulasi (membuat/mencari pasangan
yang bertujuan untuk mengetahui daya serap peserta didik).
div>

="top" width="83">


10 menit
2.p>
"578">
Inti
="MsoNormal" style="line-height: 120%; margin-right: 3.15pt; mso-layout-grid-ali
gn: none; page-break-after: avoid; text-align: justify; text-autospace: none; te
xt-indent: 36.0pt;">Dalam kolom
ini, guru membimbing
peserta didik> mengerjakan kegiatan latihan. L
atihan dengan berbagai alternative tugas dan pertanyaan, untuk menambah pemaha
man
peserta didik. Guru dapat juga menambah tugas-tugas yang sesu
ai dengan kondisi
peserta didikpan lang="EN-US" style="line-height: 120%;"> di daerah masing-masing.
n style="line-height: 120%;">
e="line-height: 120%; mso-layout-grid-align: none; text-align: justify; text-aut
ospace: none;">a.Tilawah Ayatpan>pan>
an lang="EN-US" style="line-height: 120%; mso-bidi-font-family: "Times New
Roman"; mso-bidi-font-size: 12.0pt;">Setelah memahami isi kandungan QS. <
i>Al-Fatihah, an-Naas, al-Falaq dan al-Ikhlas, guru mengajak style="line-height: 120%;">peserta didik untuk tilawah lagi keempat surat tersebut dengan fasih dan tart
il yang indah, tentu hal ini akan membuat kekaguman kita terhadap ciptaan Alla
h semakin sempurna. Gunakan rubrik yang dapat mengontrol dan mengetahui kemamp
uan tajwid dan tartil
peserta didikn>.
class="MsoNormal" style="line-height: 120%; mso-layout-grid-align: none; text-al
ign: justify; text-autospace: none;">b.Menerjemahkan Ayat
Dalam ha
l ini guru memandu peserta didik untuk dapat menerjemahkan ayat per kata/poton
gan ayat, agar peserta didik dapat memahami ayat bukan karena hafalan terjemah
annya semata. Sebagai contoh, peserta didik diminta untuk menuliskan terjemaha
n per ayat dari QS. Al-Faatihah, namun guru dapat menambahnya dengan su
rat yang lain (QS. Al-Ikhlas, al-Falaq dan an-Naas) Semakin banyak yang
kita paham dari ayat-ayat Allah, insyaAllah akan memudahkan kita mengamalkan
isinya dalam keseharian.


dir="LTR" lang="EN-US" style="line-height: 120%; mso-bidi-font-family: "Ti
mes New Roman"; mso-bidi-font-size: 12.0pt;">Memadu padankan isi kandunga
n ayat
Padu padan ayat dengan isi kandungannya berikut ini akan lebih menarik j
ika diajarkan dengan educative games. Dimana guru harus menyiapkan da
hulu  4 paket masing-masing paket terdiri dari 1) nama surat dan ayat seb
agaimana tertulis di kolom sebelah kiri dan 2) pernyataan atau paragraph tenta
ng isi kandungan ayat sebagaimana di tulis di kolom kanan. Dengan berkelompok
atau berpasangan peserta didik memadupadankan kartu tersebut di depan kelas di
saksikan teman-temannya, kemudian guru menguatkan jawabannya.   an>

3.
valign="top" width="578">
style="font-family: "times new roman" , serif;">Penutupan>
n style="font-family: "symbol"; line-height: 120%; mso-bidi-font-famil
y: Symbol; mso-bidi-font-size: 12.0pt; mso-fareast-font-family: Symbol;">·style="font-family: "times new roman"; font-size: 7pt; font-stretch: n
ormal; line-height: normal;">        >
Guru bertanya kepada peserta didik tentang manfaat/hikmah mempelajari mater
i yang telah dipelajari.
·  &nb
sp;    
Guru membimbing peserta didik untuk menyi
mpulkan materi secara klasikal.
· 
      
Guru menutup pembelajaran dengan
do’a dan hamdalah kemudian mengucapkan salam.
ss="MsoListParagraphCxSpLast" style="line-height: 120%; margin-left: 29.85pt; ms
o-add-space: auto;">

iv>
10 menit

class="MsoNormal"> RPP Al-QUr'an Hadist di atas t
idak lengkap sama sekali. Untuk lengkapnya, anda bisa download melalui link beri
kut:

iv class="MsoNormal">RPP Qur'an Hadist Kelas 7 
;Kurikulum 2013


demikian, semoga bermanfaat. Lihat juga RPP IPA SMP/MTs. Terimakasih
>

No comments:

Post a Comment