Saturday, February 20, 2016

Cara Atasi "Gagal menyimpan pengguna (Data usename belum terisi dengan benar" untuk akun PTK nya Operator Sekolah

infogtk - Bagi rekan-rekan Operator Sekolah (OPS) baik yang menggunakan aplikasi dapodikdas 410 (SD dan SMP) atau yang menggunakan aplikasi dapodikmen 830. Tentunya sudah mengetahui beberapa kelebihan dari kedua aplikasi tersebut.

Jika baru saja menginstal aplikasi tersebut, silahkan baca item pembaruan dan perbaikan pada aplikasi dapodikdas 410 dan aplikasi dapodikmen 830 melalui alamat ini.

Kali ini kami mau share mengenai cara mengisi email dan password pada penugasan ptk yang kebetulan ptk (Pendidik dan Tenaga Kependidikan) tersebut merangkap sebagai operator sekolah (OPS) Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah silahkan login aplikasi dapodiknya.
Selanjutnya, silahkan klik tab PTK > pilih Penugasan > Buat/ Ubah Akun PTK  > masukan Password > klik tombol Simpan yang ada pada aplikasi dapodik, lihat gambar :
cara membuat akun PTK (username dan pasword PTK di dapodik)
Harap dicermati bahwa jika anda belum mengisi email untuk ptk, maka ketika akun PTK mau anda buat akan muncul pesan seperti ini :


Mungkin beberapa operator sekolah mengalami tampilan pesan seperti ini "Gagal menyimpan pengguna (Data usename belum terisi dengan benar" ketika akan membuat akun PTK melalui tab Penugasan Pada aplikasi dapodik, untuk lebih jelasnya lihat gambar :


Bagaimana cara mengatasi kendala tersebut? mudah saja kok. Cukup isikan email yang baru (belum pernah terdaftar sebagai email operator, walaupun email itu hanya sekedar untuk login aplikasi dapodik). sehingga nantinya muncul pesan "data pengguna berhasil dibuat".

Untuk penjelasan selengkapnya terkait Akun PTK (Username dan Pasword yang ada pada aplikasi dapodik), silahkan klik disini

tampilan sinkronisasi dapodik 410

Demikian Cara Atasi "Gagal menyimpan pengguna (Data usename belum terisi dengan benar" untuk akun PTK nya Operator Sekolah (OPS).

No comments:

Post a Comment