Thursday, November 19, 2015

Lomba Pemilihan Guru Berprestasi Tk. Nasional

infogtk - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggelar Lomba Pemilihan Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) berprestasi dan berdedikasi tingkat nasional. Yang mana acara tersebut merupakan salah satu bentuk apresiasi terhadap dedikasi serta prestasi GTK.

Mendikbud Anies Baswedan mengatakan, "Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi. Namun, Bapak dan Ibu semua yang hadir di sini sesungguhnya sudah termasuk guru berdedikasi dan berprestasi," katanya.

Menurut Mendikbud, guru merupakan kunci dalam ekosistem pendidikan. Seorang guru bisa mengubah hidup siswa dan mengubah kehidupan bangsa. Karena itu ia meminta para guru dan tenaga kependidikan yang terpilih sebagai Guru dan Tenaga Kependidikan Berprestasi dan Berdedikasi, dapat menularkan semangat dan idealismenya kepada rekan-rekan sesama guru dan tenaga kependidikan di lingkungan sekitarnya. [lihat juga pengumuman pemenang SIMPOSIUM GURU]

“Para guru dan tenaga kependidikan yang terpilih nanti perlu ingat bahwa di pundaknya kini terletak peran tambahan, yaitu sebagai agen perubahan,” katanya.

Sementara itu, dalam laporan nya, Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK)  Sumarna Surapranata mengatakan, kegiatan Pemilihan Guru dan Tenaga Kependidikan Berprestasi dan Berdedikasi dilaksanakan mulai 18-21 November 2015. Kegiatan ini melibatkan 1.036 peserta yang terdiri dari 703 guru/tutor, 200 kepala sekolah, 133 pengawas, dan 21 widyaiswara dari jenjang TK, SD/SDLB, SMP/SMPLB, SMA/SMALB, dan SMK.

Pranata mengatakan, sebelum nya telah dilakukan proses seleksi secara berjenjang yang dimulai pada April dari tingkat satuan pendidikan, tingkat kecamatan, kabupaten/kota, dan provinsi, yang puncaknya berlangsung pada November sesuai dengan peringatan Hari Guru Nasional (HGN). 

“Jenis kegiatan dan segala penilaian lomba ini melibatkan semua guru yang dipertimbangkan melalui kreativitas pembelajaran guru,” ujarnya.


Demikian informasi Lomba Pemilihan Guru Berprestasi Tk. Nasional

No comments:

Post a Comment