Thursday, November 12, 2015

Inilah Nilai UKG 2015

ukg.infogtk - Uji Kompetensi Guru (UKG) tahun 2015 sudah mulai dilaksanakan. Yah, Bagi yang sudah mengikuti UKG 2015 ini tentunya sudah mengerti bagaimana cara melihat hasil UKG 2015 atau cara cek nilai UKG 2015. Namun bagi guru yang belum ikut UKG 2015 berikut sedikit bocoran mengenai pelaksanaan UKG 2015.

Perlu Bapak/Ibu guru ketahui bahwa yang infogtk (www.informasipendidikan.net) sampaikan disini bukannya membahas tentang bocoran soal UKG 2015 baik bocoran soal pedagogik maupun bocoran soal profesional pada UKG 2015. Tetapi, yang akan disampaikan disini adalah bocoran UKG 2015 yang terkait dengan tata cara pelaksanaan UKG 2015, cara login ukg 2015, dan cara lihat nilai akhir ukg 2015. Mari kita lihat penjelasan di bawah ini :

Tata Cara Pelaksanaan UKG 2015
1. Usahakan datang di tempat UKG 2015 (TUK) 30 menit sebelum jadwal dimulainya UKG 2015;
2. Jika diperlukan silahkan bawalah surat tugas UKG 2015, [download format surat tugas UKG 2015];
3. Untuk tata cara pelaksanaan UKG, lihat selengkapnya disini

Cara Login UKG 2015
1. Sudah infogtk sampaikan sebelumnya bahwa pada login UKG 2013 itu ada 3 (tiga) kali :
    a. Login pertama sebagai latihan
    b. Login kedua sebagai Ujian
    c. Login ketiga sebagai Survey

2. Untuk dapat login ke UKG 2015, tentunya ada sedikit perbedaan dalam menu login, dimana pada tahun sebelumnya menggunakan NUPTK namun untuk tahun 2015 ini menggunakan nomor peserta dan nomor validasi;

3. Silahkan anda login pertama (login latihan) disini anda bisa berlatih menjawab 10 (sepuluh) soal, perlu Bapak/Ibu guru ketahui bahwa soal tersebut hanyalah sebuah latihan, tujuan dari login latihan adalah sebagai sarana bagi Bapak/Ibu guru memahami tombol-tombol  UKG 2015 sebelum anda masuk atau login sesungguhnya (Login Ujian).

4. Jika anda sudah login latihan, selanjutnya adalah login Ujian. Silahkan Bapak/Ibu cermati apakah mata pelajaran yang tertera pada layar monitor UKG 2015 sesuai dengan mata pelajaran yang diampu anda. Jika terjadi perbedaan pada mapel UKG 2015 silahkan anda klik disini untuk penjelasannya.

5. Pada login Ujian, ada sebanyak 80 soal (untuk jenjang sd kelas rendah/ kelas tinggi), dan juga 100 soal bagi mapel ujian selain SD.

6. Silahkan anda kerjakan Ujian dengan soal yang anda anggap mudah terlebih dahulu, untuk soal yang menurut anda sulit silahkan klik tombol navigasi selanjutnya.

7. Bapak/ Ibu tidak usah cemas, walaupun kita melewati soal tersebut. kita masih dapat mengerjakannya kembali dengan memperhatikan warna merah dan warna hijau pada kolom disamping kanan layar monitor anda. Keterangan, jika soal berwarna hijau itu berarti soal dengan nomor tersebut sudah anda kerjakan tetapi jika nomor soal yang masih berwarna merah hal itu berarti pada soal tersebut belum anda kerjakan.

Cara melihat nilai UKG 2015 (pengumuman nilai UKG 2015 untuk guru PAUD/TK/SD/SMP/SMA dan SMK)

Untuk Nilai UKG 2015 secara online dapat langsung dilihat oleh guru yang bersangkutan. Tentunya, Setelah guru tersebut menyelesaikan ujian melalui sistem Computer Based Test (CBT) dengan mengeklik ikon tangan (selesai ujian), hasil perolehan jawaban benar dan salah dan hasil nilai UKG 2015 yang diperoleh guru akan ditampilkan. 
[lihat juga Daftar Guru yang memperoleh nilai tertinggi pada UKG 2015]

Guru dapat melihat nilai hasil UKG 2015 berupa hasil kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Seperti tertera pada gambar di bawah ini: 


nilai UKG 2015

Seperti dijelaskan diatas, bahwa untuk jumlah soal UKG bagi guru SD (SD Kelas tinggi dan SD Kelas Rendah) adalah sebanyak 80 soal dengan waktu pengerjaan ujian selama 120 menit. Komposisi instrumen materi tes adalah 30% kompetensi pedagogik dan 70% kompetensi profesional atau 24 soal pedagogik dan 56 soal profesional.

Kompetensi pedagogik merupakan salah satu jenis kompetensi yang mutlak harus dikuasai guru. Kompetensi ini pada dasarnya adalah kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran yang merupakan kompetensi khas, yang akan membedakan guru dengan profesi lainnya dan akan menentukan tingkat keberhasilan proses dan hasil pembelajaran.

Sedangkan kompetensi profesional adalah bidang studi yang diujikan sesuai dengan bidang studi sertifikasi sedangkan bagi guru yang belum sertifikasi disesuaikan dengan kualifikasi akademik guru. Sesuai dengan kisi-kisi materi UKG 2015 yang dirilis Kemendikbud. 

[lihat kisi-kisi resmi UKG 2015]

Demikianlah Nilai UKG 2015 untuk guru PAUD/TK, SD. SMP, SMA, dan SMK

No comments:

Post a Comment