Tips Sukses Akreditasi Sekolah- Agar akreditasi sekolah dapat sukses tentunya administrasi sekolah harus lengkap. Adapun berbagai komponen administrasi yang harus ada atau dipersiapkan antara lain sebagai berikut :
KOMPONEN
|
NO. BUTIR
|
BUKTI FISIK
|
KETERANGAN
|
1.STANDAR ISI
Buku I KSTP
(landasan)
Terdiri dari:
BAB I
Pendahuluan
a. Latar Belakang
b. Tujuan
c. Prinsip KTSP (sesuai karakteristik sekolah/ madrasah)
BAB II
Tujuan
a. Tujuan Pend
b. Visi
c. Misi
d. Tujuan Sekolah/ Madrasah
BAB III
Struktur dan Muatan KTSP
a. Mapel
b. Mulok
c. Kegiatan Pengem-bangan Diri
d. Pengaturan beban belajar
e. Ketuntasan belajar
f. Kenaikan kelas dan kelulusan
g. Pend.Kecakapan hidup
h. Pendidikan berbasis keunggulan lokal dan global
BAB IV
Kalender Akademik
|
1
|
Buku Dokumen I KTSP
| |
2
|
Berita Acara Pengembangan Kurikulum dilampiri undangan, daftar hadir, risalah
SK Tim Pengembang Kuikulum
| ||
3
|
Buku I KSTP
| ||
4
|
1. Berita Acara Rapat Perencanaan Penyusunan KTSP dilampiri undangan, daftar hadir, risalah.
2. BA Pelaksanaan Workshop penyusunan KTSP dilampiri undangan, daftar hadir, risalah.
3. BA Reviu dan Revisi dilampiri undangan, daftar hadir, risalah.
4. BA Finalisasi KTSP dilampiri undangan, daftar hadir, risalah.
5. BA Pemantapan dan Penilaian dilampiri undangan, daftar hadir, risalah.
6. BA pendokumentasian dilampiri dokumen, print out KTSP dan softcopy.
| ||
5
|
1. Dokumen pelaksanaan pengembangan diri:
2. Dokumen pengajian, pramuka, PMR, remidi, dokumen pembelajaran di luar kelas/di alam, kegiatan sosial, budaya.
3. Buku KTSP
| ||
6
|
Buku sumber mapel Mulok Kabupaten harus tim penyusunnya melibatkan instansi terkait, Dewan Pendidikan, Ketua PGRI.
| ||
7
|
4 jenis layanan BK
| ||
8
|
Program Ekstrakurikuler (minimal 4 jenis kegiatan ekstra).
| ||
9
|
Silabus kesesuaian SK, KD, Indikator.
| ||
10
|
1. Jadwal pelajaran RPP, jurnal mengajar.
2. Catata satu jam tatap muka 35 menit
3. Jumlah jam pelajaran per minggu kelas I – III = 29-32 jam; kelas IV-VI = 34 jam
4. Jumlah minggu efektif per tahun 34 – 38 minggu
| ||
11
|
Dokumen tugas terstuktur dan tidak terstruktur hasilnya yang telah ditandatangani OT dan telah dinilai (bila media memungkinkan dan nilai)
| ||
12
|
1. Dokumen II KTSP, Silabus, RPP
2. Permendiknas 22 dan 23 Tahun 2008.
3. BA penyusunan KTSP dan risalahnya
| ||
13
|
1. Silabus setiap kelas, lihat aspek yang termuat dalam silabus (ada 7 langkah)
2. SK dan KD, Materi pokok, kegiatan pembelajaran, indikator jenis penilaian yang digunakan alokasi waktu sumber belajar.
| ||
14
|
Silabus setiap mapel disusun oleh guru
|
15
|
Silabus setiap mapel (sekolah harus punya)
| ||
16
|
BA rapat dewan guru yang membahas KKM dilampiri daftar haidr, dan risalah rapat.
| ||
17
|
1. Dokumen proses penentuan KKM (risalah rapat) harus memuat unsur:
2. Karakteristik siswa, karakteristik mapel, kondisi satuan pendidikan
| ||
18
|
1. Kalender kademik sekolah, minimal ada 4 kegiatan:
a. Awal tahun
b. Minggu efektif
c. Waktu pembelajaran efektif
d. Hari libur
2. Idealnya rinci semua kegiatan yang dilakukan sekolah/madrasah
| ||
II.STANDAR PROSES
|
19
|
RPP setiap maple
|
10 A, 7-9 B, 4-6 C
|
20
|
RPP penyusunannya memperhatikan 6 prinsip
|
76% lebih A, 51-75 B, 26-50 C, 1-25 D
| |
21
|
Observasi pembelajaran, harus memenuhi 4 syarat: 1) jumlah PD/kelas 28, 2) beban mengajar guru minimal 24 jam tatap muka dalam satu minggu, 3) buku teks pemilihannya lewat rapat guru dengan pertimbangan komite (lampiran BA, rapat pemilihan buku) yang diketahui komite, rasio ini didampingi oleh buku pengayaan (LKS), referensi sumber lainnya dan, 4) pengelolaan kelas mengikuti kaidah: a-k
| ||
22
|
Hasil supervisi kepala sekolah
(instrumen yang telah terisi hasil supervisi)
|
Persentase = no 20
| |
23
|
Buku II (RPP), dilihat apakah kelas I-III menggunakan pendekatan tematik
|
3 kelas tematik A
| |
24
|
Buku II (RPP), dilihat apakah kelas IV-VI menggunakan pendekatan maple
|
3 kelas mapel A
| |
25
|
1. Program pengawasan kepala sekolah
2. Buku tamu kelas
3. Hasil pemantauan/monitoring PBM oleh sekolah yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan, penilaian hasil belajar
| ||
26
|
Laporan pelaksanaan supervisi pembelajaran yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dengan 4 cara: pemberian contoh, diskusi, pelatihan, konsultasi.
| ||
27
|
Dokumen hasil evaluasi proses pembelajaran oleh kepala sekolah
| ||
28
|
Laporan pengawasan proses pembelajaran kepada pemangku kepentingan
| ||
29
|
Dokumen tindak lanjut (memberikan reword, panishment, pemberian kesempatan para guru mengikuti pelatihan/penataran
|
Persentase = no 20
| |
III.STANDAR KELULUSAN
|
30
|
Buku I KTSP (lihat KKM kelompok mapel (IPTEK))
|
KKM 75/lebih A,
70-74,99 B,
65-69,99 C.
60-64,99 D
|
31
|
Dokumen pemanfaatan bahan ajar, buku teks, perpustakaan, laboratorium, internet
| ||
32
|
RPP IPA dan RPPS IPS
| ||
33
|
Dokumen mengunjungi perpustakaan, mengakses internet, ke museum, cagar budaya, dan lain-lain
Misalnya beupa surat permohonan ke pengelola museum, cagar budaya, dan lain-lain
| ||
34
|
RPP semua mapel (membaca dan menulis)
|
Persentase = no 20
| |
35
|
RPP semua mapel (menunjukkan kecintaan dan kepedulian terhadap lingkungan sosial dan fisik)
| ||
36
|
Dokumen kegiatan seni dan budaya (foto)
Pentas seni, pameran lukisan, latihan tari, latihan musik, keterampilan membuat karya seni
|
4 jenis kegiatan A
| |
37
|
- Tata tertib sekolah
- Dokumen sosialisasi tata tertib sekolah
- Catatan pelanggaran tata tertib sekolah
|
Tidak ada PD yang melanggar A
| |
38
|
Dokumen kegiatan satu tahun tentang:
- Peringatan hari besar nasional
- Peringatan hari besar agama
- Pentas seni budaya berbagai negara
- Peringatan bulan bahasa nasional & internasional
|
4 jenis kegiatan A
3 jenis kegiatan B
2 jenis kegiatan C
1 jenis kegiatan D
| |
39
|
- Dokumen pelaksanaan kegiatan kebersihan yang dilaksanakan setiap minggu sekali. Misal Jum'at bersih.
- Program sekolah tentang 5K
- Tempat cuci tangan setiap kelas/ruang
- Program dan tempat menggosok gigi PD
- Tempat sampah di setiap ruang
| ||
40
|
Dokumen kegiatan menjalankan ajaran agama:
- Pembiasaan memberi salam
- Pembiasaan membaca doa
- Pembiasaan beribadah
- Sholat dhuhur berjamaah
- Infaq Jum'at
- Kegiatan lain bernuansa keagamaan
|
Setiap minggu
4 jenis kegiatan A
3 jenis kegiatan B
2 jenis kegiatan C
1 jenis kegiatan D
| |
41
|
Dokumen kegiatan satu tahun tentang:
- Peringatan hari besar nasional
- Peringatan hari besar agama
- Pentas seni budaya berbagai negara
- Peringatan bulan bahasa nasional & internasional
|
4 jenis kegiatan A
3 jenis kegiatan B
2 jenis kegiatan C
1 jenis kegiatan D
| |
42
|
RPP semua mapel (memuat metode cooperatif, learning)
|
Persentase = no 20
| |
43
|
RPP semua mapel (memuat metode problem solving)
|
Persentase = no 20
| |
44
|
Karya tulis PD, misalnya portofolio PD, karya PD di Mading, laporan hasil wisata PD, buletin inretnal PD, dokumen presentasi dan lain-lain
| ||
45
|
Dokumen hasil karya PD yang memperoleh penghargaan, seperti keterampilan menyimak, berbicara, membaca, menulis, berhitung
| ||
46
|
Dokumentasi UASBN (amati rata-ratanya)
|
Lebih dari 8,00 A.
7,01-8,00 B
6,01-7,00 C
5,01-6,00 D
Di bawah 5,01 E
| |
IV.STANDAR PENDIDIKAN DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
|
47
|
Foto copy ijazah yang dimiliki pendidik
| |
48
|
Foto copy ijazah yang dimiliki seua pendidik sesuai dengan mata pelajaran yang dijarkan atau tidak
| ||
49
|
RPP disesuaikan dengan prinsip-prinsip pembelajar
Dokumen penilaian kompetensi pedagogik guru oleh kepala sekolah
| ||
50
|
Dokumen pengaduan dari masyarakat
DP3 guru
Dokumen penilaian kompetensi, kepribadian guru oleh kepala sekolah
| ||
51
|
BA rapat dewan guru yang dilampiri undangan, daftar hadir, risalah rapat
| ||
52
|
Daftar hadir gur dan karyawan
| ||
53
|
Sertifikat pendidik, SK kepala sekolah, dan jadwal mengajar
| ||
54
|
Foto copy Ijazah Kepala Sekolah dan PT terakareditasi
| ||
55
|
Surat keterangan pengalaman mengajar
| ||
56
|
Dokumen penilaian kompetensi, kepribadian dari atasan langsung
| ||
57
|
Data lulusan yang diterima di SMP/MTs
| ||
58
|
Buku keuangan koperasi sekolah, kantin sekolah, dokumen penggalangan dana dan DUDI (kemampuan dalam membiayai kegiatan esktra)
| ||
59
|
Surat perjanjian kerjasama dengan pihak lain
| ||
60
|
Jadwal supervisi dan hasil pelaksanaan supervisi Buku supervisi guru kelas/guru mapel
| ||
61
|
Foto copy ijazah tenaga administrasi dan pendidikan menengah
| ||
62
|
Kesesuaian ijazah dengan bidang tugas
| ||
63
|
Foto copy Ijazah tenaga perpustakaan dan pendidikan menengah
| ||
64
|
Surat penugasan sebagai pustakawan
| ||
65
|
SK Kepala Sekolah:
- Penjaga sekolah
- Tukang kebun
- Tenaga kebersihan
- Pengemudi
- Pesuruh
| ||
V.STANDAR SARANA DAN PRASARANA
|
66
|
Inventaris lahan/tanah
| |
67
|
Sarana kesehatan, keselamatan, kemudahan akses penyelamatan dalam keadaan darurat
| ||
68
|
Lokasi sekolah (terhindar dari gangguan pencemaran air, udara, tanah dan kebisingan)
| ||
69
|
Surat kepemilikan tanah/surat kewenangan penggunaan tanah, IMB
| ||
70
|
Luas lantai dengan jumlah PD 3,8m2/PD
Luas bangunan 6 ruang kelas min 400 m2
| ||
71
|
Bangunan sekolah yang kokoh dilengkapi pencegah kebakaran dan petir
| ||
72
|
Sanitasi yang meliputi:
- Kebutuhan air bersih
- Saluran limbah
- Tempat sampah, saluran air hujan
| ||
73
|
Ventilasi ruangan cukup terang
| ||
74
|
Instalasi listrik 900 watt
| ||
75
|
IMB dan ijin penggunaan bangunan
| ||
76
|
Dokumen alokasi biaya pemeliharaan sekolah 5 tahun terakhir
| ||
77
|
Memiliki ruang kelas, pepustakaan, lab IPA, ruang pimpinan, ruang guru, tempat ibadah, ruang UKS, jamban, gudang, ruang sirkulasi, tempat bermain/ olahraga
| ||
78
|
Ruang kelas yang sesuai ketentuan
| ||
79
|
Ruang perpustakaan
| ||
80
|
BSE buku cetak lainnya perbandingannya dengan PD 1 : 1
| ||
81
|
Buku yang digunakan guru dan PD sama dengan yang ditetapkan Permendiknas
Kondisi bukunya
| ||
82
|
Keadaan laboratorium IPA
| ||
83
|
Keadaan ruang pimpinan
| ||
84
|
Keadaan ruang guru
| ||
85
|
Keadaan tempat ibadah
| ||
86
|
Keadaan ruang UKS
| ||
87
|
Keadaan jamban
| ||
88
|
Keadaan gudang
| ||
89
|
Keadaan ruang sirkulasi
| ||
90
|
Keadaan tempat bermain/berolahraga
| ||
VI.STANDAR PENGELOLAAN
|
91
|
Visi sekolah
- Terpampang dengan jelas dan mudah dibaca
- Dokumen sosialisasi cisi misi sekolah
| |
92
|
Misi sekolah
- Terpampang dengan jelas dan mudah dibaca
- Dokumen sosialisasi cisi misi sekolah
| ||
93
|
Tujuan lembaga sekolah
- Terpampang dengan jelas dan mudah dibaca
- Dokumen sosialisasi cisi misi sekolah
| ||
94
|
RKS/M 4 tahunan dan RKT tahunan
| ||
95
|
Pedoman yang mengatur pengelolaan secara tertulis tentang: KTSP, Kaldik, Struktur Organisasi Sekolah, pendayagunaan pendidik/tenaga kependidikan, peraturan akademik, tatib sekolah, kode etik sekolah, BOS.
| ||
96
|
Bagian struktur organisasi sekolah dan uraian tugasnya
| ||
97
|
Laporan pelaksanaan kegiatan
RKT tahunan
| ||
98
|
Dokumen pelaksanaan kegiatan kesiswaan:
- Layanan konseling
- Ekstrakurikuler
- Pembinaan prestasi unggulan
- Daftar alumni
| ||
99
|
Dokumen pelaksanaan pemgebangan kurikulum dan pembelajaran yang meliputi:
KTSP, Kaldik, program pembelajaran, peraturan akademik
| ||
100
|
Jadwal pelajaran, piagam, sistem penghargaan, promosi, dan penempatan, mutasi
| ||
101
|
Program pengelolaan sarpras yang minimal memuat:
Perencanaan
Pemenuhan sarpras
Pendayagunaan sarpras
Evaluasi dan pemeliharaan sarpras
| ||
102
|
Program pengelolaan pembiayaan pendiikan minimal memuat:
Sumber pemasukan
Sumber pengeluaran
Jumlah danah yang dikelola
| ||
103
|
Dokumen kegiatan sekolah yang menciptakan suasana, iklim, dan lingkungan yang kondusif. Misalnya:
Kegiatan upacara bendera
Budaya jabat tangan antara siswa dan guru
Menutup pintu gerbang sekolah setelah pukul 7.00
Melaksanakan baris di depan kelas sebelum masuk
| ||
104
|
BA rapat penyusunan RKS/M dilampiri dengan:
- Undangan kepada tokoh masyarakat
- Undangan kepada lembaga lain
Pelaksanaan program kegiatan sekolah
Dokumen bantuan dan masyarakat (tenaga, material)
MoU dengan lembaga lain
| ||
105
|
Program kepengawasan:
BA sosialisasi program kepengawasan dilampiri:
Daftar hadir dan risalah sosialisasi
| ||
106
|
Dokumen laporan evaluasi diri per semester
| ||
107
|
Dokumen laporan kinerja pendidik dan tendik
| ||
108
|
Buku I, II, III,dan IV perangkat akreditas
Tim persiapan akreditasi
Bukti fisik dokumen
Sarpras yang dibutuhkan akreditasi
| ||
109
|
Buku agenda kasek tentang pelaksanaan tupoksi kepala sekolah
| ||
110
|
Sistem informasi manajemen sekolah
Misalnya:
Papan informasi kegiatan sekolah, BOS, pelaksanaan pembelajaran dan lain-lain
| ||
VII.STANDAR PEMBIAYAAN
|
111
|
Catatan tahunan tentang inventaris sarpras
| |
112
|
SPJ Pembiayaan
| ||
113
|
Buku kas dan RKAS/M
| ||
114
|
Daftar penerimaan gaji pendidik
Daftar penerimaan honor pendidik
Daftar penerimaan insentif pendidik
| ||
115
|
Daftar penerimaan tenaga kependidikan
Daftar penerimaan honor tenaga kependidikan
Daftar penerimaan insentif tendik
| ||
116
|
Dokumen pembelajaran dari alokasi pembelajaran (SPJ keuangan sekolah, RKAS/M)
| ||
117
|
Dokumen pmbelajaran dari alokasi kegiatan kesiswaan (SPJ keuangan sekolah, RKAS/M)
| ||
118
|
Dokumen pembelajaran dari alokasi pengadaan alat tulis untuk pembelajaran (SPJ keuangan sekolah, RKAS/M)
| ||
119
|
Dokumen pembelajaran dari alokasi pengadaan bahan habis pakai untuk pembelajaran (SPJ keuangan sekolah, RKAS/M)
| ||
120
|
Dokumen pembelajaran dari alokasi pengadaan Alat habis pakai untuk pembelajaran (SPJ keuangan sekolah, RKAS/M)
| ||
121
|
Dokumen pembelajaran dari alokasi pengadaan rapat (SPJ keuangan sekolah, RKAS/M)
| ||
122
|
Dokumen pembelajaran dari alokasi pengadaan transport dan perjalanan dinas (SPJ keuangan sekolah, RKAS/M)
| ||
123
|
Dokumen pembelajaran dari alokasi penggandaan soal-soal ulangan/ujian (SPJ keuangan sekolah, RKAS/M)
| ||
124
|
Dokumen pembelajaran dari alokasi pengadaan daya dan jasa (SPJ keuangan sekolah, RKAS/M)
| ||
125
|
Dokumen pembelajaran dari alokasi anggaran kegiatan operasi tidak langsung misal: uang lembur, konsumsi, asuransi dan lain-lain (SPJ keuangan sekolah, RKAS/M)
| ||
126
|
Dokumen pembelajaran dari alokasi biaya operasi sekolah yang meliputi
Kesra warga sekolah
Pengembangan pendidik dan tendik
Sarpras
Pengembagnan kurikulum dalam PBM
Kegiatan ke-TU-an (SPJ keuangan sekolah, RKAS/M)
| ||
127
|
SK Kepala Sekolah tentang ada/tidaknya iuran
| ||
128
|
Surat edaran/pengumuman tentang tidak adanya biaya pendaftaran ulang
| ||
129
|
Daftar PD penerima bantuan/pembebasan biaya sekolah
| ||
130
|
Daftar iuran, jika PD bebas dari semua biaya
| ||
131
|
BA rapat pengambilan keputusan, daftar hadir rapat
| ||
132
|
RKAS/M, papan informasi, dana sekolah
| ||
133
|
Buku pedoman pengelolaan keuangan
| ||
134
|
RKAS/M
| ||
135
|
SPJ keuangan sekolah
| ||
VIII.STANDAR PENILAIAN
|
136
|
Rancangan kriteria penilaian dan silabus
BA sosialisasi kriteria penilaian pada PD
| |
137
|
Silabus setiap mapel memuat teknik:
Penilaian yang sesuai, KD dan indikator teknik penilaiannya sesuai/tidak
| ||
138
|
Perangkat tes buatan guru
| ||
139
|
Arsip tes, nilai tes, nilai pengamatan, nilai tugas, terstuktur maupun mandiri
| ||
140
|
Buku analisis hasil belajar PD
| ||
141
|
Buku penghubung guru dan orang tua, hasil kerja siswa yang telah ditandatangani OT
| ||
142
|
Program remidi dan pengayaan
Revisi perangkat pembelajaran
| ||
143
|
Buku rapor
| ||
144
|
Nilai akhlak (buku rapot)
| ||
145
|
Nilai kepribadian
| ||
146
|
BA rapat koordinasi tentang hasil UTS, US, UKK
Dilampiri undangan, risalah
| ||
147
|
BA rapat penentuan kriteria kenaikan kelas
Dilampiri undangan, risalah
| ||
148
|
BA rapat penentuan nilai akhir untuk kelompok mapel estetika, penjasorkes
Dilampiri undangan, risalah
| ||
149
|
BA rapat penentuan nilai akhir untuk kelompok mapel agama, PKn
Dilampiri undangan, risalah
| ||
150
|
Buku rapor
| ||
151
|
Dokumen daya serap dan pencapaian target
Setiap akhir semester dilaporkan ke Dinas Pendidikan Kabupaten
| ||
152
|
BA rapat penentuan kelulusan bersama-sama dengan guru kelas, guru mapel dan kasek
Dilampiri undangan, risalah
| ||
153
|
BA rapat penentuan rata-rata sebagai kriteria kelulusan US/UN. Dilampiri undangan, risalah
| ||
154
|
BA rapat penentuan nilai minimal mapel sebagai kriteria kelulusan UASBN
Dilampiri undangan, risalah
| ||
155
|
Bukti penerimaan SKHUASBN
| ||
156
|
Bukti penyerahan Ijazah kepada PD yang lulus
| ||
157
|
BA rapat penentuan PPDB
Dilampiri undangan, risalah
|
No comments:
Post a Comment