Saturday, April 30, 2016

RPP Bahasa Indonesia Kelas 4 SD untuk PTK Materi Pantun Anak Semester II

Berikut ini merupakan contoh RPP Bahasa Indonesia Kelas 4 SD untuk PTK Materi Pantun Anak semester II. RPP Bahasa Indonesia Kelas 4 SD untuk PTK Materi Pantun Anak Semester II ini dapat digunakan sebagai acuan atau bahan referensi.

RPP Bahasa Indonesia Kelas 4 SD untuk PTK Materi Pantun Anak Semester II

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN( RPP )

Nama Sekolah     :    SDN. Mangga Dua Selatan 02 Petang
Mata Pelajaran    :    Bahasa Indonesia
Kelas / Semester :    IV (empat) / II (dua)
Alokasi Waktu    :    3 x 35 menit (3 jam pelajaran)

A. Standar Kompetensi
     8.    Menulis
     Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk pantun anak.

B. Kompetensi Dasar
     8.3 Membuat pantun anak yang menarik tentang kepatuhan sesuai dengan ciri-ciri pantun.

C. Indikator
  • Membuat pantun anak sederhana
  • Menjelaskan ciri-ciri pantun
  • Membacakan pantun anak yang telah dibuat dengan lafal dan intonasi yang sesuai

D. Tujuan Pembelajaran
  • Siswa dapat membuat pantun yang menarik sesuai dengan ciri-ciri pantun.

E. Materi
  • Pantun anak.

F. Metode Pembelajaran
  • Ceramah
  • Kerja kelompok
  • Tanya jawab
  • Pemberian tugas

G. Langkah-langkah Pembelajaran
     Kegiatan Awal (15 menit)
  • Salam pembuka / berdoa
  • Apersepsi
  • Pemberian motivasi pembelajaran
  • Menjelaskan tujuan pembelajaran
     Kegiatan Inti (75 menit)
     Eksplorasi
     Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
  • Guru menjelaskan ciri-ciri pantun dengan memberi contoh pantun anak tentang kedisiplinan yang terdiri empat baris. Kemudian, pada suku kata akhir setiap baris pantun diberi garis tebal sebagai ciri pantun.
     Elaborasi
     Dalam kegiatan elaborasi, guru:
  • Siswa mengidentifikasi ciri-ciri pantun serta maknanya sambil mendengarkan penjelasan guru.
  • Siswa mencoba menyimpulkan ciri-ciri pantun bersama kelompoknya.
  • Siswa menyusun pantun acak menjadi pantun yang padu dan menyalinnya di buku tugas.
  • Siswa menyempurnakan pantun-pantun dengan memilih pasangan yang tepat.
     Carilah pasangan yang tepat agar dapat menyempurnakan pantun-pantun berikut ini!

     1.    Ayam hitam bulunya putih           Kalau ada umurku panjang
            Mencari makan di pinggir kali     Boleh kita bertemu lagi
            ................................................
            ................................................

     2.    Kalau ada sumur diladang            Dibawa itik pulang petang
            Boleh kita menumpang mandi     Dapat di rumput bilang-bilang
            ................................................   
            ................................................

     3.    ................................................     Kulit hitam giginya putih
            ................................................     Kalau tertawa lucu sekali
            Melihat ibu sudah datang
            Hati cemas jadi hilang

  • Siswa mengerjakan tugas yang diberikan guru

      Konfirmasi
      Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

     Kegiatan Penutup (15 menit)
     Dalam kegiatan penutup, guru:
  1. Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang sudah dipelajari
  2. Memberi motivasi belajar terhadap siswa
  3. Pemberian tugas/PR sebagai tindak lanjut pembelajaran hari ini
  4. Menutup pelajaran

H. Alat dan Sumber Belajar
     Media belajar    :    Ragam pantun
     Sumber Belajar    :    Buku Paket Bahasa Indonesia Kelas 4

I    Penilaian
    Tes Tertulis
    Bentuk tes : Tes tulisan
    Lembar latihan soal (terlampir)


untuk lebih lengkapnya lihat
RPP Bahasa Indonesia Kelas 4 SD untuk PTK Materi Pantun Anak Semester II Klik disini

Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment