Sunday, September 11, 2016

Manusia dan Hewan Bergantung Pada Tumbuhan Hijau

Tumbuhan adalah sumber makanan bagi hewan dan manusia, maka sebab itu manusia dan hewan sangat bergantung pada tumbuhan hijau. Berikut ulasan singkatnya.

Manusia dan Hewan Bergantung Pada Tumbuhan Hijau

1. Tumbuhan sebagai Sumber Makanan
Hampir seluruh bagian tumbuhan dapat dimanfaatkan manusia dan hewan. Baik daun, bunga, buah, batang, umbi, tunas, maupun bijinya. Berikut adalah makanan yang diperoleh manusia dari tumbuhan.
a. Daun : daun pepaya, kubis, selada, bayam
b. Bunga : bunga turi, bunga kol, bunga pisang
c. Buah : mangga, jambu, sawo, anggur, nanas
d. Umbi : kentang, wortel, singkong, lobak
e. Tunas : taoge, rebung
f. Biji : kacang hijau, jagung, beras
Hewan juga mendapatkan sumber energi dari tumbuhan hijau. Coba perhatikan gambar berikut.

Hewan juga mendapatkan sumber energi dari tumbuhan hijau

Pada gambar di atas menunjukkan hewan-hewan herbivor. Hewan ini sangat tergantung pada tumbuhan secara langsung. Bila tidak ada tumbuhan hewan tersebut akan mati. Kematian hewan ini juga mengakibatkan hewan karnivor juga mati. Karena saling ketergantungan satu sama lain. Ini juga berlaku pada hewan omnivor. Berikut skema tumbuhan hijau, herbivor, karnivor dan omnivor.

Manusia dan Hewan Bergantung pada tumbuhan hijau


2. Tumbuhan sebagai Obat Tradisional
Di Indonesia banyak tanaman yang dapat dimanfaatkan sebagai obat. Misalnya pil kina sebagai obat penyakit malaria. Ada juga umbiumbian yang dimanfaatkan sebagai jamu. Contohnya: kunyit, kencur, jahe, temulawak, dan sebagainya.
Tumbuhan sebagai Obat Tradisional

3. Tumbuhan sebagai bumbu masakan
Keanekaragaman tumbuhan di negara kita menghasilkan rempah-rempah. Biji, buah maupun umbi tanaman ini bermanfaat sebagai penyedap atau bumbu masakan. Tanaman tebu menghasilkan gula, yaitu pemanis alami. Hasil rempah-rempah, misalnya bawang merah, bawang putih, lada, cengkeh, pala dan sebagainya.
Tumbuhan sebagai bumbu masakan

No comments:

Post a Comment