Tuesday, March 1, 2016

Download lengkap RPP Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 dan KTSP SMP/MTs

Download RPP Bahasa Indonesia MTs/SMP terbaru. Anda tahu, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau RPP yaitu rencana yang menggambarkan prosedur dan menajemen pembelajaran guna mencapai satu atau lebih kompetensi dasar yang telah dijabarkan di dalam silabus. Jadi RPP dibuat setelah silabus dulu. Kalau anda punya RPP tetapi tidak punya silabus maka itu sesuatu yang lucu.

RPP sendiri digunakan oleh guru sebagai pedoman melaksanakan pembelajaran kepada peserta didik. Tetapi kalau sekarang RPP hanya digunakan sebagai pelengkap administrasi lalu bagaimana? Tentu saja RPP menjadi tidak bermakna apa-apa. Jika anda adalah guru bahasa Indoensia dan mengganggap RPP itu penting, silakan download RPP Bahasa Indonesia Kurikulum 2013.

Download RPP Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 dan KTSP SMP/MTs

RPP Bahasa Indonesia Kurikulum 2013


Sebelumnya, penting anda ketahui bahwa RPP berisi petunjuk secara rinci, pertemuan demi pertemuan, mengenai tujuan, ruang lingkup materi yang harus diajarkan, kegiatan belajar mengajar, media, dan evaluasi yang harus digunakan. Jika berpegang teguh pada RPP anda bisa jadi akan kesulitan mengajar ya. Tapi ya, kalau sudah lincah mengajar, bisa saja kok tidak harus sama persis dengan RPP kita.

Contoh RPPBahasa Indonesia Kurikulum 2013


Silakan cermati contoh rpp bahasa indonesia kurikulum 2013, dan jika ingin download, kami sediakan di bawah. Tidak lengkap juga kalau tidak disertai dengan silabus, program tahunan, program semester, dan perangkat yang lain. karenanya kami sediakan semuanya lengkap untuk anda download.

Jika anda ingin membuatnya, juga bisa. SIlakan download panduan RPP Bahasa Indonesia SMP.

Download Gratis RPP Bahasa Indonesia Kelas VII, VIII, IX 


ANIS BASWEDAN : YANG MENGANGKAT GURU HONORER MENJADI PNS BUKAN SAYA

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan mengaku kerap dibikin repot dengan permintaan guru honorer yang ingin diangkat menjadi pegawai negeri sipil (PNS). Desakan itu bukan hanya sekali atau dua kali terjadi, namun berkali-kali. Bahkan dalam jumlah yang besar.

Padahal, kata Anies, yang berwenang mengangkat guru honorer adalah pemda setempat dan kepala sekolah terkait. Sebab, kepala sekolah tentu lebih tahu pengalaman dan kinerja guru yang bersangkutan.


Begitu juga pemda yang akan mengatur alokasi anggaran yang dimiliki. “Jadi ya seharusnya mintanya ke pemda dan kepala sekolah, bukan ke sini (Kemendikbud, red),” kata Anies di Jakarta, Senin (30/12).

Selain itu, masalah yang muncul di daerah saat ini terait status pengelolaan sekolah menengah atas (SMA) di bawah pemerintah provinsi (pemprov). Ada sejumlah daerah yang tidak setuju SMA dikelola pemprov.

“Macam-macam ini alasannya. Padahal kan ini bukan setuju atau tidak setuju. Tapi sudah perintah undang-undang,” terangnya.

Pengelolaan SMA atau SMK sederajat akan diambil alih Dinas Pendidikan Tingkat Provinsi. Hal itu sudah diatur dalam Undang-undang No 23 Tahun 2015 tentang Pemerintah Daerah.

Sehingga nantinya, masing-masing level pemerintahan memiliki tanggung jawab dan tugasnya masing-masing dalam bidang pengembangan SDM.

Pemerintah pusat akan mengelola pendidikan tinggi, provinsi mengelola pendidikan menengah, dan kabupaten atau kota mengelola pendidikan dasar SD dan SMP. Aturan tersebut akan berlaku 2016 mendatang


Sumber : ( http://fajar.co.id/ )

Demikian informasi terbaru yang dapat saya sampaikan ....
semoga bermanfaat....





Pengertian Guru Honorer dan Kategorinya

Pengertian Guru Honorer adalah guru tidak tetap yang belum berstatus minimal sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil, dan digaji per jam pelajaran. Seringkali mereka digaji secara sukarela, dan bahkan di bawah gaji minimum yang telah ditetapkan secara resmi. Pada umumnya, mereka menjadi tenaga sukarela demi diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil melalui jalur honorer, ataupun sebagai penunggu peluang untuk lulus tes Calon Pegawai Negeri Sipil formasi umum. ( Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Guru )

Guru honorer juga sering disebut sebagai Guru Tidak Tetap ( GTT ), Guru Belum Tetap ( GBT ), dan Guru Wiyata Bhakti ( GWB ). Guru honorer terdiri atas beberapa kelompok :

1. Berdasarkan naungan kementerian :
  • guru honorer kemendikbud
  • guru honorer kemenag
2. Berdasarkan tempat pengabdiannya :
  • guru honorer di sekolah negeri
  • guru honorer di sekolah swasta
3. Berdasarkan kategori honorer yang pengabdiannya sebelum tahun 2005 :
  • guru honorer kategori 1 disingkat k1 ( kategori ini mayoritas sudah diangkat menjadi CPNS/PNS ). Guru honorer kategori 1 adalah guru honorer yang penghasilannya dibiayai oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) atau Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), dengah kriteria: diangkat oleh pejabat yang berwenang, bekerja di instansi pemerintah, masa kerja minimal 1 (satu) tahun pada tanggal 31 Desember 2005 dan sampai saat ini masih bekerja secara terus menerus, dan  berusia sekurang-kurangnya 19 tahun dan tidak boleh Iebih dart 46 tahun per 1 Januari 2006.
  • guru honorer kategori 2 disingkat k2 ( kategori ini sebagian sudah diangkat menjadi CPNS/PNS dan sebagian yang lain tengah menunggu pengangkatan honorer kategori 2 menjadi CPNS ). Guru honorer  kategori 2 adalah guru honorer yang penghasilannya dibiayai bukan dari APBN atau bukan dari APBD, dengan kriteria: diangkat oleh pejabat yang berwenang, bekerja di instansi pemerintah, masa kerja minimal 1 tahun pada tanggal  31 Desember 2005 dan sampai saat ini masih bekerja secara terus menerus, berusia sekurang-kurangnya 19 tahun dan tidak boleh lebih dan 46 tahun per 1 Januari 2006
4. Berdasarkan  kategori honorer yang pengabdiannya setelah tahun 2005
  • guru honorer non kategori yang mengabdi di sekolah negeri
  • guru honorer non kategori yang mengabdi di sekolah swasta
Guru honorer yang SK pengabdiannya di atas tahun 2005 sering disebut juga dengan "guru honorer non kategori", ada juga yang menyebut honorer kategori 3 ( k3 ).

Demikian pengertian tentang Guru Honorer dan Jenis/Kategorinya. Semoga para guru honorer dapat segera diangkat menjadi CPNS, karena mereka adalah  PAHLAWAN TANPA TANDA JASA yang SEJATI.

Soal dan Kisi-kisi UTS IPS Semester II

Berikut ini merupakan contoh soal dan kisi-kisi UTS IPS semester II kelas 4 s/d kelas 6 yang dapat dijadikan acuan guru serta anak-anak untuk belajar berlatih mengisi soal-soal yang tersedia. Soal dan kisi-kisi UTS IPS semester II dibuat berdasarkan kurikulum yang ada sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar. berikut ini contoh soal dan kisi-kisi UTS IPS semester II kelas 4 s/d kelas 6.

Soal dan Kisi-kisi UTS IPS semester II kelas 4 s/d kelas 6

Contoh soal dan kisi-kisi UTS IPS semester II
Kelas 6

I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b atau c didepan jawaban yang dianggap benar!
1.  Kebakaran hutan di Indonesia mengakibatkan munculnya protes dari negara-negara tetangga Indonesia karena . . . .
     a. kebakaran hutan di Indonesia terlalu sering terjadi
     b. adanya gangguan akibat kabut dari kebakaran hutan di Indonesia
     c. Indonesia kurang menjaga hubungan baik dengan negara-negara tetangga
     d. kebakaran hutan di Indonesia disebabkan oleh negara-negara tetangga

2.   Kebakaran yang terjadi di Indonesia pada umumnya disebabkan oleh . . . .
      a. gesekan dahan-dahan kering                    c. terjadinya gempa bumi
      b. musim kemarau berkepanjangan             d. pembukaan hutan untuk lahan pertanian

3.   Peristiwa alam yang merugikan manusia adalah . . . .
      a. terbentuknya embun                                 c. tanah longsor
      b. terbentuknya pelangi                                d. pergantian musim

4.   Bencana alam yang melanda wilayah tertentu yang memporak-porandakan apa-apa yang dilaluinya yaitu bencana . . . .
      a. Banjir                                                        c. Topan
      b. Gempa                                                      d. Hujan

5.   Letusan dahsyat gunung berapi yang terjadi di Indonesia pada tahun 1883 dan letusannya terdengar hingga Jepang adalah letusan dari gunung . . . .
      a. Merapi                                                       c. Tambora
      b. Krakatau                                                   d. Sinabung

6.   Banjir dan longsor biasanya terjadi pada musim . . . .
      a. kemarau                                                    c. dingin
      b. hujan                                                         d. salju

7.   Peristiwa alam yang tidak menimbulkan kerugian pada manusia adalah . . . .
      a. Kebakaran hutan                                       c. Gunung meletus
      b. Tanah longsor                                           d. Terbentuknya pelangi

8.   Negara yang beriklim tropis adalah . . . .
      a. Arab Saudi                                                c. Indonesia
      b. Jepang                                                       d. Inggris

9.   Badai Dorian pernah melanda negara . . . .
      a. Filipina                                                      c. India
      b. Singapura                                                  d. Arab Saudi

10. Peristiwa alam yang paling sering terjadi di Filipina adalah . . . .
      a. gempa bumi dan banjir                              c. gunung meletus dan badai tropis
      b. tanah longsor dan gunung meletus            d. gempa bumi dan gelombang pasang

11. Salah satu negara asia tenggara yang hampir seluruh daerahnya dilanda banjir pada tahun 2011 adalah . . . .
      a. Thailand                                                     c. Malaysia
      b. Laos                                                           d. Brunai Darussalam

12. Gelombang tsunami yang telah merenggut 220.000 korban jiwa serta tercatat sebagai bencana terburuk yang pernah melanda Indonesia terjadi di provinsi ….
      a. D.I Yogyakarta                                           c. Banten
      b. Bali                                                             d. Aceh

13. Badai Nargis pernah melanda negara . . . .
      a. Vietnam                                                      c. Indonesia
      b. Singapura                                                   d. Myanmar

14. Gunung . . . terletak dinegara Filipina dan pernah meletus dahsyat.
       a. Mayon                                                       c. Semeru
       b. Fuji                                                           d. Tambora

15. Badai Lekima terjadi di daerah . . . .
      a. Indonesia                                                    c. Jepang
      b. Vietnam                                                      d. Singapura

16. Usaha untuk mengurangi jumlah kerugian akibat bencana dinamakan . . . .
     a. mitigasi                                                        c. inovasi
     b. migrasi                                                         d. evakuasi

17. Bencana alam sering terjadi di Indonesia. Sebaiknya kita . . . .
     a. diam saja                                                      c. ikut simpati
     b. membiarkan                                                 d. merasa biasa saja

18. Apabila daerah kita terkena bencana alam dan akan dievakuasi, kita harus . . . .
     a. tetap tinggal di rumah                                  c. mengikuti agar terhindar
     b. melarang orang tua pergi                             d. bersembunyi di dalam rumah

19. Tanah longsor bisa diantisipasi dengan cara . . . .
      a. membangun rumah di bukit                         c. menggali kaki bukit
      b. mengadakan penghijauan                            d. menggunduli bukit

20. Kebakaran hutan bisa dicegah dengan cara . . . .
      a. membuat api unggun di gunung                  c. membiarkan warga membakar ladang
      b. mematikan api dan puntung rokok              d. membakar sampah di pegunungan

21. Serangkaian kegiatan yang dilakukan dengan segera setelah terjadi bencana disebut . . . .
      a. tanggap darurat                                            c. dapur darurat
      b. tenda darurat                                                d. posko darurat

22. Tanda-tanda seperti langit gelap, awan rendah, hitam, besar, hujan es dengan butiran besar dan suara keras seperti bunyi kereta api cepat merupakan tanda-tanda dari bencana . . . .
      a. Badai / Topan                                               c. Tanah longsor
      b. Tsunami                                                       d. Banjir

23. Salah satu cara persiapan menghadapi gunung meletus yaitu . . . .
      a. Melakukan reboisasi                                     c. Matikan listrik dan sumber gas
      b. Waspadai perubahan cuaca                           d. Membangun bunker-bunker di dalam tanah

24. Saat terjadi bencana banjir sebaiknya kita segera . . . .
      a. bersembunyi di kolong tempat tidur             c. menyalakan listrik agar terang
      b. mencari tempat yang tinggi                          d. menonton banjir di tepi sungai

25. Saat di kelas terjadi gempa bumi. Langkah terbaik yang harus kamu lakukan adalah . . . .
      a. tetap mengikuti pelajaran                             c. berlindung di bawah meja
      b. membiarkan teman berhamburan                 d. pura-pura bersikap tidak tahu

26. Saat liburan kamu ke Gunung Merapi. Gunung itu meletus dan mengeluarkan abu. Langkah yang kamu tempuh adalah . . . .
      a. mengenakan masker                                      c. tetap melanjutkan wisata
      b. mendekati gunung                                         d. membiarkan abu mengotori wajah

27. Saat status siaga diumumkan, salah satu tindakan yang harus dilakukan adalah . . . .
      a. sosialisasi diwilayah terancam                       c. mengkosongkan wilayah terancam
      b. segera menuju ketempat pengungsian           d. lari sekencang-kencangnya

28.  Hal yang dilakukan di tempat pengungsian antara lain . . . .
      a. panik karena bantuan tidak kunjung datang   
      b. tidak peduli dengan pengungsi yang lain
      c. menanggapi kesimpangsiuran berita secara serius       
      d. tetap tenang sambil terus memantau berita

29. Jika berada di lantai satu dan terjadi gempa, yang kita lakukan adalah . . . .
      a. segera menutup pintu                                     c. lari keluar mencari tanah lapang
      b. menuju ke lantai berikutnya                          d. berdiam diri ditempat

30. Ketika terjadi gempa, sopir mobil yang baik, hendaknya mengambil tindakan . . . .
      a. menginjak gas dalam-dalam                           c. menghentikan mobil
      b. segera berbalik arah                                       d. menuju ke persimpangan

II. Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang tepat!
31. Reruntuhan tanah sebagai akibat adanya pergerakan kulit bumi disebut . . . .
32. Gelombang pasang yang terjadi karena adanya gerakan lempeng bumi di dasar laut disebut dengan . . . .
33. Tanaman yang ditanam dipinggir pantai serta dapat mencegah gelombang tsunami adalah tanaman . . . .
34. Gunung berapi ketika meletus mengeluarkan . . . .
35. Istilah kata “tsunami” berasal dari bahasa . . . .
36. Gejala La Nina rata-rata terjadi pada kawasan Pasifik Timur dan Tengah disekitar khatulistiwa dapat menyebabkan . . . .
37. Daerah yang paling merasakan akibat La Nina dan El Nino adalah negara-negara yang berhadapan langsung dengan perairan . . . .
38. Di Pulau Leyte, Filipina Tengah pernah terjadi bencana . . . .
39. Selain di Indonesia, Negara di kawasan Asia Tenggara yang sering dilanda gunung meletus adalah negara ….
40. Gempa yang terjadi di Bantul, Yogyakarta termasuk jenis gempa . . . .
41. Ketika gunung meletus dibuatlah ruang bawah tanah yang disebut . . . .
42. Karung pasir ditumpuk untuk mencegah . . . agar tidak semakin parah.
43. Saat gunung meletus mengeluarkan abu, sebaiknya kita menggunakan . . . .
44. Saat terjadi gempa di dalam kelas, tindakan kita yaitu . . . .
45. Segera . . . jika pihak berwenang telah mengisyaratkan status awas.

III.    Jawablah pertanyaan berikut ini secara singkat dan jelas!
46. Jelaskan apa yang dimaksud dengan peristiwa alam!
47. Sebutkan 5 gejala alam yang terjadi di negara-negara tetangga!
48. Sebutkan (minimal 3) langkah-langkah yang dilakukan selama menghadapi banjir!
49. Sebutkan tindakan yang dilakukan saat tingkat isyarat gunung berapi telah mencapai status awas!
50. Apa yang seharusnya dilakukan masyarakat setelah terjadi bencana?

Soal UTS IPS Kelas 4 s/d Kelas 6 Semester II KLIK DISINI
Kisi-kisi UTS IPS Kelas 4 s/d Kelas 6 Semester II
Kelas 4 KLIK DISINI
Kelas 5 KLIK DISINI
Kelas 6 KLIK DISINI

Semoga Soal UTS IPS Kelas 4 s/d Kelas 6 Semester II dapat bermanfaat.

Membuat Mainan Puzzle Sederhana

Membuat mainan puzzle sederhana sangatlah mudah hanya butuh kesabaran, kreatifitas serta keuletan saja. Bahan serta alat yang digunakan dalam membuat mainan puzzle sederhana sangat mudah didapat. Contoh mainan puzzle sederhana karya siswa-siswi kelas 5 SDN. Mangga Dua Selatan 01 dan 02 Jakarta Pusat.

Membuat mainan puzzle sederhana sangatlah mudah hanya butuh beberapa kesabaran serta keuletan saja. Bahan serta alat yang digunakan dalam membuat mainan puzzle sederhana sangat mudah didapat.

Bahan serta alat yang digunakan untuk membuat mainan puzzle sederhana, antara lain :
  • 1 buah Styrofoam
  • 2 buah gambar yang sama boleh gambar tangan lalu di fotocopy / gambar hasil print out
  • double tape / lem
  • penggaris 30 cm dan pensil
  • cutter
  • lakban hitam

Langkah-langkah dalam membuat mainan puzzle sederhana, antara lain :
1. Styrofoam di bagi menjadi 2 bagian yang sama
2. Gambar pertama dibuat pola vertikal dan horizontal hingga membentuk garis kotak-kotak

membuat mainan puzzle sederhana

3. Setelah dibuat pola, tempel gambar menggunakan double tape/lem ke potongan styrofoam (rata tengah).
4. Setelah gambar ditempel pada styrofoam (rata tengah), potong tiap sisi styrofoam yang nantinya potongan tersebut akan digunakan sebagai bingkai

membuat mainan puzzle sederhana

5. Potong pola pada gambar menggunakan cutter sesuai pola yang telah dibuat.

membuat mainan phzzle sederhana

6. Setelah sisi-sisi styrofoam terpotong, langkah berikutnya yaitu menempelkan potongan sisi-sisi styrofoam ke potongan styrofoam yang lain hingga terbentuk bingkai

membuat mainan puzzle sederhana

7. Setelah terbentuk bingkai, tempel gambar kedua tepat ditengah bingkai

membuat mainan puzzle sederhana

8. Langkah terakhir yaitu memberi lakban pada tiap sisi-sisi styrofoam.
9. Puzzle sederhana siap untuk dimainkan.

membuat mainan puzzle sederhana

Membuat mainan puzzle sederhana dapat melatih kreatifitas, kesabaran, ketelitian serta keuletan yang tinggi pada anak. kita dapat menerapkannya dirumah pada saat waktu senggang. Selamat mencoba.

membuat mainan puzzle sederhana

Isilah hari-hari anda dengan kegiatan yang bermanfaat.

Surat Pernyataan CPNS K2

Contoh format Surat Pernyataan CPNS K2 yang harus dibuat oleh para CPNS K2 tahun formasi 2014 yang lulus. Surat tersebut dilampirkan dengan berkas-berkas data diri lainnya. Surat Pernyataan CPNS K2 meliputi Surat Pernyataan, Surat Pernyataan Khusus, Surat pernyataan tanggung jawab mutlak dari pejabat pembina kepegawaian serta Surat pernyataan tanggung jawab mutlak tenaga honorer.

Surat Pernyataan CPNS K2

Surat Pernyataan CPNS K2 wajib disertakan pada saat tenaga honorer K2 yang dianggap lulus CPNS verifikasi data. Isi dari surat pernyataan tersebut meliputi : 
  1. Bersedia tidak mengajukan permohonan mutasi keluar Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan/atau Unit Kerja (SKPD/UKPD) yang sudah ditetapkan sesuai SK Pengangkatan menjadi CPNS sebelum memiliki masa kerja aktif sekurang-kurangnya 5 (lima) tahun terhitung sejak Pengangkatan CPNS.
  2. Bersedia mengganti biaya yang telah dikeluarkan panitia sebesar Rp. 15.000.000 (Lima belas juta rupiah) yang akan disetor kepada Kas Daerah Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta apabila setelah proses pemberkasan mengajukan pengunduran diri.
  3. Tidak mengajukan tugas belajar / ijin Belajar sebelum diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil selama 2 (dua) tahun.
  4. Memberikan data ataupun informasi dengan benar dan tidak merugikan pihak lain.
  5. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan keputusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum yang tetap, karena melakukan sesuatu tindak pidana kejahatan.
  6. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai Pegawai Swasta.
  7. Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil / Pegawai Negeri.
  8. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI atau negara lain yang ditunjuk oleh pemerintah.
  9. Tidak menjadi pengurus dan/atau anggota partai politik.
  10. Menjamin kebenaran dan bertanggung jawab atas data Tenaga Honorer tersebut telah sesuai dengan persyaratan dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  11. Menyatakan bahwa saya sebagai Tenaga Honorer Kategori II bertanggung jawab atas kebenaran data yang saya pergunakan untuk persyaratan pengangkatan Calon Pegawai Negeri Sipil telah sesuai dengan persyaratan dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Surat pernyataan tanggung jawab mutlak dari pejabat pembina kepegawaian serta Surat pernyataan tanggung jawab mutlak tenaga honorer berdasarkan Surat Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor K.26-30/V.23-4/99 Tanggal 27 Februari 2014 tentang usulan penetapan nomor induk tenaga honorer K2 formasi tahun 2014 (unduh)

Berikut merupakan contoh Surat Pernyataan CPNS K2

Tahun ini disiapkan Kuota 100.000 untuk Insentif guru bukan PNS (GBPNS)

infogtk - Subsidi tunjangan fungsional (STF) sudah berakhir semenjak beberapa tahun yang lalu, tepatnya sesuai PP nomor 74 tahun 2005.

Nah, mulai tahun 2016 ini para guru bakal mendapatkan tunjangan pengganti yang dikenal dengan istilah Insentif Guru Bukan Pegawai Negeri Sipil (Insentif GBPNS) 2016 baik bagi para guru yang mengajar di sekolah negeri maupun bagi para guru yang mengajar disekolah swasta.

Tunjangan Insentif GBPNS 2016 ini ditujukan kepada para guru yang belum memperoleh sertifikasi.

Adapun persyaratan untuk mendapatkan tunjangan insentif GBPNS 2016, antara lain :

  1. Beban mengajar minimal 24 (Dua Puluh Empat) Jam per minggu;
  2. Pemberian tunjangan Insentif GBPNS 2016, didasarkan beban mengajar dan kelebihannya sehingga setiap orang bisa menerima berbeda jumlahnya.
Kepala Bagian Perencanaan dan Penganggaran, Ditjen Guru dan Tendik Kementerian Pedidikan dan Kebudayaan, mengatakan "Kami siapkan 100.000 kuota, jika yg memenuhi syarat sedikit itu artinya kita kelebihan guru (mohon dipahami agar para guru membuktikan diri diberi kepercayaan oleh yayasan atau pemda mengajar 24 jam karena mampu dan dibutuhkan, jika tdk diberi beban artinya kondisi anda kebalikan dari pernyataan ini). Oleh karena itu mohon jangan memberikan jam anda ke guru lain agar sama2 terima karena akan diberlakukan batas minimal jam yg harus dimiliki minimal 24 jam perminggu." katanya.

Ditambahkannya, Mari tunjukkan anda dibutuhkan oleh sekolah dgn diberikan beban mengajar minimal sesuai amanat undang2 minimal 24 jam perminggu.

Demikian infogtk terkait Tahun ini disiapkan Kuota 100.000 untuk Insentif guru bukan PNS (GBPNS)